Software Manajemen Perpustakaan SLiMS 9 Bulian Karya Anak Bangsa

Halo sobat Bela, apakah ada diantara kalian mempunyai perpustakaan atau sebagai pustakawan? kalian sebagai seorang yang punya koleksi buku atau mengelola buku tentunya sangatlah membutuhkan software manajemen perpustakaan yang bisa dihandalkan guna mengelola buku serta mendukung operasional perpustakaan. Senayan Library Management System (SLiMS) kini hadir untuk membantu kalian semua. Software ini adalah karya anak bangsa Indonesia dan bisa kalian nikmati secara gratis.

Sebuah karya yang besar dari anak bangsa yang layak kita banggakan. Karena sangatlah membantu kalian pustakawan dan pengelola perpustakaan di semua jenis perpustakaan. Hal ini, untuk memudahkan dalam pengelolaan sistem digital di perpustakaan.

Software Manajemen Perpustakaan SLiMS 9 Bulian Karya Anak Bangsa

Software SLiMS pertama kali dikembangkan pada tahun 2006 dan digunakan di Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional. Tim pengembang software ini dikoordinir oleh Hendro Wicaksono dan Programmer Arie Nugraha dan Wardiyono.

Para pengelola Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional RI ( Saat ini bernama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI) bertempat di Jakarta Tengah bingung karena software manajemen perpustakaan Alice sudah habis masa pemakaiannya. Alice ini merupakan perangkat lunak bikinan Soflink sumbangan dari Pusat Kebudayaan Inggris, British Council.

Alice merupakan produk yang tidak bebas dan serba tertutup. Pustakawan sulit mempelajari program tersebut. bahkan software ini tidak dapat di server dari komputer lain. sehingga tidak bisa didistribusikan ke perpustakaan lainnya

Hendro mengusulkan ke Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat untuk menjadi payung guna membuat sofware manajemen perpustakaan baru guna menggatikan Alice.

Senayan, menjadi nama yang disematkan, karena awal mulanya software manajemen perpustakaan ini dikembangkan di Senayan Jakarta. Nama yang sangat populer dan dirasa mempunyai nilai pasar, karena itulah aplikasi sitem perpustakaan ini dinamai Senayan.

Waktu itu ketika masih tahap penyempurnaan SLiMS versi 1 dan 2 tidak dirilis ke publik. Baru pada versi ke 3 yang sudah diverifikasi stabil. baru dirilis ke publik dan diuji coba oleh komunitas pustakawan.

Aplikasi software perpustakaan ini menggunakan kode nama flora yang tumbuh di Nusantara. Ini karena sebagai bentuk kebanggan dan promosi terhadap Indonesia.

Adapun versi SLiMS sebagai berikut:

  • SLiMS version 3 stable 14 (Seulanga)
  • SLiMS version 3 stable 15 (Matoa)
  • SLiMS version 5 (Meranti)
  • SLiMS 7 (Cendana)
  • SLiMS 8 (Akasia)
  • SLiMS 9 (Bulian)

Platform SLiMS

SLiMs merupakan software manajemen perpustakaan berbasis web yang bisa digunakan di semua sistem operasi seperti MacOS, MS Windows dan Gnu/Linux. Pengembangan SLiMS menggunakan PHP Web Scripting Language dan MySQL Database Server. Bertujuan meningkatkan Interaksi supaya bisa tampil seperti dekstop dan digunakan teknologi AJAX (Asynchronous JavaScript dan XML).

Spesifikasi perangkat keras yang diperlukan guna mendukung program SLiMS ini adalah Prosessor kelas pentium III denagn RAM 256 MB, Standart VGA, dan komputer sebagai client dan server.

Manfaat Software Manajemen Perpustakaan SLiMS

Pengelolaan dengan mengguakan software manajemen ini sangalat membantu dan tentunya bermanfaat baik untuk pustakawan maupun anggota perpustakaan, diantaranya:

  • Label buku dengan fitur barcode
  • Penelusuran koleksi melalui website berplatform SLiMS
  • Sebagai sirkulasi peminjaman, pengembalian, perpanjangan dan denda dalam satu platform
  • Data statistik yang mudah untuk diolah
  • SLiMS mudah digunakan dan dipelajari
  • Efisiensi kerja dengan menggunakan sistem otomasi
  • Meningkatkan kualitas Perpustakaan
  • Akurat dalam memberikan informasi

SLiMS mempunyai antarmuka atau user interface yang sudah modern, fitur yang lengkap dan detail. Dengan berbagai fitur ini SLiMs mumpuni untuk perpustakaan tingkat kecil sampai perpustakaan besar. Manual SLiMS juga disediakan oleh tim pengembang dengan lengkap.

Penasaran seperti apa tampilan SLiMS 9 Bulian, bagi kalian pustakawan yang mempunyai PC, Laptop, maupun server langsung saja anda bisa mengunduhnya dengan mengklik kata pustakawan diatas. Disana kalian bisa mengunduhnya dengan tutorial yang lengkap. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Software Manajemen Perpustakaan SLiMS 9 Bulian Karya Anak Bangsa"

Post a Comment