Pengertian Secara Singkat Tentang Arduino IDE

  Jika kalian pernah mendengar tentang Arduino IDE merupakan sebuah software yang cukup sering dibahas oleh para programer. Ya tidak salah juga. Karena software ini cukup banyak yang memaiaki. tetapi kalian tau gak sih apa itu Arduino IDE? Sebelum membahas pengertiang tentang Arduino IDE itu sendiri, alangkah baiknya kalian memahami kata IDE di software tersebut. IDE disini bukan diartikan sebagai gagasan atau pikiran, namun IDE adalah berasal dari singkatan Integrated Development Enviroenment.


Arduino IDE  tidak hanya bisa untuk memprogram board arduino UNO saja, namun juga bisa untuk memprogram board yang lainnya seperti Arduino genio, nano, nodeMCU, dan sejenisnya.

Arduino IDE

Arduino IDE adalah software yang digunakan untuk memprogram board arduino. Software ini berfungsi sebagai text editor untuk membuat, mengedit, ataupun mengupload ke board yang ingin di program. 

Bahasa pemrograman di software ini telah dibuat mudah untuk memudahkan programan pemula. Di dalam arduino sudah terdapat bootloader yang berfungsi untuk penengah antara compiler arduino dan mikrokontroler.

Software Arduino IDE ini dibuat dari bahasa pemrograman JAVA, yang dilengkapi dengan library C/C++(wiring), yang membuat operasi input/output lebih mudah.

Aplikasi ini bisa kalian dapatkan di website resmi www.arduiono.cc. Aplikasi ini dijalankan di perangkat windows, Linux, ataupun macOS. Cukup lengkap bukan, jadi kalian bisa dengan mudah belajar Arduino IDE.

Istilah pada Arduino IDE

Uploading

Sebuah proses menyalin file .hex ke dalam mikrokontroler. Namun sebelum melakukan uploading, jangan lupa kalian pehatikan jenis boar ataupun com port yang dipakai.

Library

Seperti namanya library atau pustaka meberikan fungsi ekstra dari sketch yang kalian buat. Walaupun dalam Arduino IDE sudah terdapat library, kalian juga bisa menambah library ekternal juga.

Serial Monitor

Ini bisa kalian fungsikan untuk menampilkan hasil operasi yang telah kalian buat ataupun jika ada kondisi erorr dalam pengoperasiannya.

Itulah pengertian tentang arduino IDE secara singkat. Jika kurang lengkap kalian buka di website resminya. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Secara Singkat Tentang Arduino IDE "

Post a Comment