Cara Optimasi Website untuk Meningkat SEO

Jika kalian adalah seorang web master pasti tidak asing dengan istilah Serch Engine Optimazation. Selain membuat artikel SEO, melakukan optimasi website juga termasuk meningkatkan SEO. Bahkan beberapa Web Master beranggapan membuat artikel SEO tanpa melakukan optimasi Website serasa percuma.



Cara Optimasi Website untuk Meningkat SEO

Banyak sekali website-website yang sudah membahas tentang cara meningkatkan SEO. Jika kalian lihat pasti versinya pun berbeda-beda. Karena memang tidak ada aturan pakem untuk meningkatkan SEO. 

Tentu saja jika website kalian memiliki SEO yang baik, maka kalian juga akan mendapatkan traffic yang tinggi. Tentu saja hal ini memperbesar peluang kalian untuk diterima oleh google adsense. Karena inilah banyak sekali para web maste melakukan berbagai percobaan untuk meningkatkan SEO.

Salah satu syarat wajib menurut kami jika kalian ingin meningkatkan SEO adalah dengan cara optimasi Website. Website yang sudah di optimasi bakal lebih mudah untuk artikelnya muncul di page one google. Jadi jika kalian merasa sudah melakukan optimasi website kalian, maka langkah selanjutnya kalian tinggal melakukkan update artikel seo secara rutin.

Jika kalian belum mengetahui cara optimasi website, berikut berbagai cara yang bisa kalian lakukan untuk mengoptimasi website kalian!

Pengertian SEO

Sebelum membahas tentang cara optimasi website, alangkah baiknya kalian memahami terlebih dahulu tentang pengertian dari SEO itu sendiri.

Serch Engine Optimazation atau orang-orang sering menyebutnya dengan SEO adalah suatu teknik yang digunakan untuk optimasi suatu website agar mendapatkan ranking teratas di mesin pecarian. Dengan menggunakan teknik SEO ini membuat website kalian lebih mudah di temukan di mensin pencarian.

Jadi jika kalian seorang web master, menggunakkan tenik SEO ini menjadi hal yang wajib kalian pahami. Bahkan sekarang seseorang yang memiliki skil SEO sangat laku di dunia pekerjaan. Kalau tidak percaya, coba cari saja pekerjaan yang berada di dunia digital seperti RANS, Media cetak, pasti di beberapa posisi tertentu membutuhkan seseorang yang memahami SEO.

Cara Optimasi Website untuk Meningkatkan SEO

Seperti yang kami bahas tadi, cara optimasi website tiap orang pasti berbeda-beda karena tidak ada cara pakem untuk melakukannya. Dengan melakukan optimasi website harapannya website kalian lebih banyak trafficnya. Langsung saja berikut cara optimasi website yang bisa kalian coba!

Website Mobile Friendly

Pengguna internet yang memakai handphone jauh lebih banyak di bandingkan pengguna internet yang memakai dekstop. Hingga bulan November 2022 tercatat pengguna internet yang memakai handphone sebanyak 59,5 persen.

Pada tahun 2018 google resmi mengumumkan tentang aturan mobile first index. Jadi website yang memiliki  responsif yang baik di handphone lebih mudah untuk proses indexing dan crawling.

Jadi kalau menurut Bela, kalian harus memastikan apakah website yang kalian sudah responsive di smartphonne. Berikut ini beberapa cara agar website kalian dapat responsif di versi mobile:

  • Semua gambar yang ada di website kalian, khususnya gambar yang di artikel memiliki size kecil. Jadi lakukan compress terlebih dahulu sebelum melakukan upload ke website.
  • Hindari iklan yang menutupi konten kalian. 
  • Judul jangan terlalu panjang agar mudah di baca di perangkat seluler.
  • Gunakan template yang sudah teroptimasi mobile friendly.

Kecepatan website

Nah jika kalian belum mengetahui tentang hal ini, silahkan cek terlebih dahulu berapa kecepatan website kalian, Sebenarnya banyak sekali tools untuk mengecek kecepatan website. Namun Bela sarankan kalian memakai google page speed saja.

ada banyak faktor yang menyebabkan website kalian lambat. Jika kalian menggunakan google page speed maka kalian akan dijelaskan mana saja yang harus kalian perbaiki.

Dengan website kalian lebih cepat maka pengunjung yang datang akan betah berlama-lama di situs kalian.

Buat Artikel Sesuai Target Audiens

Kalian harus usahakan untuk membuat konten sesuai niche agar  mendorong peringkat situs kalian di google. Semisal kebanyakan konten web kalian tentang kecantikan namun kalian tiba-tiba membuat konten tentang servis motor. Tentu saja hal ini merusak optimasi yang kalian buat.

Jangan lupa selalu buat konten yang orisini dan enak dibaca. Konten tidak bisa kalian buat asal-asalan. Alangkah baiknya kalian riset terlebih dahulu mulai dari riset pesaing, kata kunci, dan masih banyak lagi tentunya.  Apalagi konten kalian adalah sebuah artikel, hal itu harus wajib kalian lakukakan.

Lakukan Link Building

Membangun backlink menjadi salah satu hal yang penting dan wajib kalian lakukan. Dengan adanya backlink yang mengarah ke situs kalian membuat tingkat kredibilitas website kalian meningkat. Apalagi jika kalian berhasil mendapatkan backlink dari website yang memiliki kualiats yang tinggi.

Kalian bisa menggunakan berbagai cara untuk membangun backlink itu sendiri. Mulai dari berbayar hingga gratis sekalipun. Kalian bisa saling tukar backlink ke sesama web master, atau kalian juga bisa memanfaatkan fitur guest post yang ada di situs-situs besar. 

Namun jika kalian merasa kesusahan untuk membangun backlink, kalian juga bisa menggunakan jasa membuat backlink. Banyak sekali jasa yang menawarkan backlink, mulai dari backlink edu, backlink gov, hingga jasa pbn sekalipun.

Kesimpulan

Itulah cara optimasi website kalian yang bertujuan untuk meningkatkan SEO. Memang gak mudah, tetapi kalian bisa melakukan optimasi website secara perlahan. Selain empat cara tadi, sebenarnya masih banyak cara yang wajib kalian coba. Silahkan kalian pelajari dan coba sendiri. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Optimasi Website untuk Meningkat SEO"

Post a Comment