Cara Mengaktifkan NFC di Iphone 11 atau Terbaru

 Salah satu fitur yang banyak dicari ketika ingin membeli HP adalah fitur NFC. Bagaimana tidak, dengan fitur ini kalian bisa mengecek dan menambah saldo dengan kartu yang terdapat NFC. Apalagi sekarang pembayaran toll juga wajib menggunakan kartu e-toll dimana di kartu tersebut sudah terdapat chip NFC.

Jika mengutip dari website gramedia.com near field communication atau sering disebut dengan istilah NFC adalah sebuah sistem yang dapat menghubungkan dua buah perangkat elektronik dengan jarak yang sangat dekat dan paling jauhnya saja hanya 4 centimeter (cm). Walaupun terkesan NFC ini baru digunakan, fitur ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak akhir dekade 1990-an hingga awal tahun 2000-an. 

Ilustrasi fitur NFC (source:samsung.com)

Handphone sekarang hampir semua sudah terdapat fitur NFC termasuk juga di iphone 11. Walaupun handphone ini dikeluarkan pada tahun 2019, namun sudah mendukung fitur ini. NFC di Iphone 11 ini cukup banyak disukai oleh pengguna iphone, karena dengan fitur ini mereka dapat mengisi e-toll tanpa harus ke mini market terdekat. Walaupun sebenarnya fungsi dari fitur NFC ini tidak hanya sebatas mengecek dan menambah saldo e-toll saja, namun kalian juga bisa menggunakan fitur NFC di Iphone ini untuk keperluan yang lain.

Daftar isi

Namun sangat disayangkan ternyata banyak sekali pengguna iphone belum mengetahui cara mengaktifkan NFC itu sendiri. Terbukti kalian masuk artikel ini pasti bingung tentang cara mengaktifkan fitur ini sendiri

Untuk mengaktifkan NFC di iphone 11 atau iphone terbaru lainnya, pihak apple tidak membuat verifikasi tertentu seperti memasukkan password ataupun pin. Jadi kalian dapat langsung mengatur fitur NFC ini agar aktif di iphone kalian. Tapi perlu di ingat fitur ini hanya bisa di pakai di aplikasi yang mendukung NFC, seperti tokopedia, brimo dan masih banyak lagi tentunya.

Berkaitan dengan NFC, sebenarnya terdapat NFC pasif dan NFC aktif. Dimana perangkat pasif NFC memiliki chip NFC di dalamnya. Namun chip ini hanya mampu mengirimkan informasi ke perangkat lain saja, ia tidak bisa memproses informasi yang dikirim dari perangkat lain. Biasanya NFC ini berbentu iklan-iklan yag terpampang di dinding bangunan perkotaan. 

Sedangkan perangkat NFC aktif mampu menerima, memproses informasi dan berkomunikasi dengan perangkat lain yang memiliki NFC. Perangkat ini bisa kalian temukan di handphone kalian yang sudah menunjang fitur NFC. Selain itu. kartu e-mone seperti brizi, Bca flazz, e-toll dan lain sebagainya juga disebut NFC aktif.  

Fungsi dari NFC

Sebelum membahas tentang cara mengaktifkannya, alangkah baiknya kalian memahami tentang fungsi dari NFC itu sendiri. Karena masih banyak sekali yang menganggap NFC di iphone ini hanya sebatas untuk mengecek dan menambah saldo e-toll saja.

Sebagai salah satu fitur bawaan di iphone 11 ini, NFC dapat kalian gunakan untuk bertrasaksi, komunikasi, hingga keperluan hiburan kalian. Berikut fungsi dari NFC yang bisa kalian manafaatkan di Iphone 11 kalian.

Cardless dan Cek Saldo e-money

Memang tebakan kalian benar, salah satu fungsi NFC di iphone 11 ini adalah untu mengecek dan mengisi saldo kartu uang elektronik yang beredar di Indonesia.

Dengan adanya NFC di Iphone 11 maka akan memudahkan kalian dalam bertransaksi memakai uang elektronik seperti e-toll, MRT, Commuterline, hingga Transjakarta. Karena kalian tidak perlu susah-susah ke minimarket hanya untuk mengecek dan mengisi saldo e-money.

Pairing Dua Gadget

Fungsi lain dari NFC itu sendiri adalah kalian dapat memasangkan dua gadget agar bertukar data. Tetapi perlu di ingat gadget yang bisa kalian sandingkan disini adalah printer, kamera DSLR, audio dan perangkat elektronik lainnya yang terdapat fitur NFC.

Kontrol ke Gadget Smarthome

Apple HomeKit yang merupakan aplikasi dan perangkat smart home besutan apple ini sudah mendukung NFC. Dengan fitu NFC di Iphone 11 ini maka akan memudahkan kalian dalam mengontrol perangkat smart home.

Cara Mengaktifkan NFC di Iphone 11 atau Iphone Terbaru

NFC di Iphone 11 terletak pada belakang bodi. Walaupun sebenarnya kalian juga bisa menempel kartu NFC di layar kalian, namun akan jauh lebih mudah dilakukan di belakang iphone. Selain itu, berbeda dengan android, pada iphone 11 tidak ditemui opsi NFC pada perangkat iphone.



Dengan fitur NFC ini kalian juga bisa melakukan pembayaran dan menyimpan kartu kredir ataupun debit. Dimana kartu kredit atau debit kalian ini akan terhubung dengan dompet di gital iOS. Langsung saja berikut cara mengaktifkan NFC di Iphone 11 atau iphone terbaru lainnya:

  • Buka menu pengaturan yang ada di iPhone kalian
  • Cari dan pilih opsi pusat control.
  • Scroll kebawah dan cari menu NFC Tagreader.
  • Geser ke kanan untuk mengaktifkan NFC di Iphone kalian.
  • Maka secara otomatis NFC di Iphone 11 kalian sudah aktif.

Jika kalian tidak menemukan menu NFC Tagreader berarti NFC di iphone kalian sudah aktif. Karena sebagian besar iphone tidak terdapat menu untuk mengaktifkan NFC ini. Jadi kalian tinggal membuka aplikasi untuk NFC sesuai kebutuhan kalian, semisal brizi, tokopedia, Bni taplus, dan m banking yang mendungkun NFC. Setelah itu buka menu NFC di aplikasi tersebut dan tempelkan kartu dibelakang iphone kalian.

Itulah cara mengaktifkan NFC di Iphone 11 atau iphone terbaru lainnya yang dapat kalian coba. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar ya. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengaktifkan NFC di Iphone 11 atau Terbaru"

Post a Comment