Cara Collab di Instagram, Fitur Baru yang Wajib Dicoba

 Belakangan ini siapa sih yang di handphonenya tidak terinstall aplikasi Instagram. Bermai Instagram telah menjadi sebuah kegiatan wajib ketika lagi berselancar di dunia maya. Di dalam aplikasi ini banyak sekali konten berita, hiburan, dan bahkan edukasi. Terbaru pengguna aktif Instgram telah mencapai 2 miliar pengguna.

Banyaknya pengguna aktif Instagram terjadi karena pihak pengembang aplikasi Instagram ini berhasil membuat para penggunanya betah ketika memakai aplikasi ini. Mereka selalu berusaha melakukan perbaikan bug, hingga menambah fitur-fitur yang serasa dibutuhkan para penggunanya.

Terbaru collab tim pengembang aplikasi telah membuat fitur yang cukup ramai dibicarakan di dunia maya. Fitur baru ini bernama Collab Instagram yang secara singkatnya berfungsi membuat postingan IG kalian lebih menarik.

Namun seperti biasanya, ketika ada fitur baru banyak sekali pengguna Instagram yang bingung untuk menggunakannya. Padahal Cara Collab di Instagram ini tergolong cukup mudah dalam penggunannya. Untuk lebih jelasnya ayo kita bahas tuntas tentang fitur collab di Instagram ini.

Fitur Collab di Instagram

Fitur Collaboration atau di aplikasi Instagram kalian bernama Collabs adalah fitur dimana kalian bisa saling berkolaborasi antar pengguna lainnya dalam membuat konten reels atau feed. Collab ini tidak hanya bisa dilakukan antar para influencer atau brand saja. Namun kalian juga bisa collab dengan teman kalian di Instagram.

Dengan memanfaatkan fitur collab di Instagram ini membuat jangkauan audiens konten kalian akan jauh lebih luas dan tentu saja membuat engagement akun Instagram kalian lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena jika kalian mengupload konten dan mengaktifkan fitur collab ini maka konten tersebut akan sama-sama muncul di feed akun yang kalian ajak collabs.

Dengan sama-sama muncul di akun yang kalian akan ajak collabs  tentu saja akan interaksi yang kalian dapat dari konten tersebut lebih banyak. Karena dengan munculnya konten di akun yang kalian ajak collab, tentu saja kalian juga berbagi view, love, dan komen postingan. Jadi ketika temen kalian komentar maka komentar tersebut juga akan muncul di postingan yang kalian ajak collab tadi. Bagaimana banyak sekali kan keuntungan yang kalian dapatkan dari fitur collabs ini.

Keuntungan Fitur Collab Instagram

Sebenarnya selain keuntungan yang Bela sebutkan tadi, terdapat keuntungan yang jauh lebih besar yang sangat berguna bagi sebuah bisnis atau brand. Biasanya strategi digital marketing yang ada di Instagram ini hanya sebatas paid promote di akun Influencer saja. Dengan adanya fitur Collab di Instagram ini membuat brand merasakan engagement dari influencer yang jauh lebih besar.

Cara Collab di Instagram

Sangat disayangkan ternyata masih banyak pengguna Instagram yag belum mengetahui cara collab di Instagram ini. Mereka mungkin hanya mengetahui fitur collab dari akun-akun lainnya tanpa merasakan bagusnya fitur ini buat akun IG nya. Jika kalian termasuk dari pengguna IG yang kebingungan untuk mengaktifkan fitur collabs tenang saja. Karena kalian cukup mengikuti beberapa langkah ini untuk menggunakan fitur collab di IG ini.

Login Akun Instagram

Hal yang pertama harus kalian lakukan adalah masuk ke akun ig terlebih dahulu. Kalian bisa menggunakan ponsel ataupun melalui website resmi Instagram.

Upload Konten

Silahkan kalian pilih konten apa yang akan kalian gunakan untuk collab dengan pengguna Instagram lainnya. Kalian bisa membuat postingan, video, reel, dan bahkan story sekalipun.

Tag orang

Kunci mengaktifkan fitur collabs ada di bagian ini. Cara collab di Instagram dapat dilakukan cukup dengan menandai pengguna Instagram lain yang kalian ajak collab dan setelah itu pilih undang Kolaborator. 

Kalian harus menunggu terlebih dahulu apakah pengguna tersebut menerima atau menolak collab. Namun jika collab diterima maka konten tersebut akan muncul di akun kalian dan akun pengguna tersebut.

Perlu kalian ketahui juga bahwa postingan yang telah kalian upload masih bisa di edit kembali. Namun ketika kalian mengedit postingan hasil dari collab, maka pihak kolaborator berhak untuk menerima atau menolak postingan yang telah kalian edit tersebut.

Jadi alangkah baiknya diskusikan terlebih dahulu antara kalian dengan pihak kolaborator ketika terjadi perubahan postingan hasil dari collabs.

Analisis Matrik

Adanya fitur ini yang membuat Collab di Instagram lebih menarik dan bermanfaat tentunya. Ketika konten hasil kolaborasi kalian berhasil di publish maka kalian dan pihak collaborator dapat melihat analisi matrik. Dimana analisis ini berisi tentang kombinasi audiens yang dihasilkan dari akun kalian dan akun kolaborator. Dengan data ini kalian bisa melihat apakah kerjasama kalian apakah worth it atau tidak. 

Itulah cara collab di Instagram yang bisa kalian coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika ada pertanyaan jangan malu-malu untuk tulis di kolom komentar. Selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Collab di Instagram, Fitur Baru yang Wajib Dicoba"

Post a Comment