5 cara translate Jurnal Internasional Bahasa Inggris dengan Mudah

 Para akademisi tak jarang memakai jurnal Internasional sebagai bahan refrensi untuk menambah wawasan, menunjang penelitiannya, atau bahkan menunjang skripsinya. Bahkan beberapa kampus di Indonesia mewajibkan memakai jurnal dengan rating tinggi atau sering disebut quartil 1 atau disingkat q1.

cara translate Jurnal Internasional

Memang jurnal Indonesia sudah ada beberapa yang mendapatkan q1. Namun tentu saja jurnal tersebut menggunakan bahasa Inggris. Tentu saja walaupun jurnal tersebut diteliti orang Indonesia, namun jurnal tersebut juga bisa dikatakan jurnal internasional. Pemeringkatan jurnal internasional ini dilakukan oleh scimago. 

Tentu saja memahami dan memembaca jurnal internasional lumayan susah bagi sebagian orang Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan, karena adanya language barrier atau perbadaan bahasa. Seperti yang kalian tau bahasa ibu orang Indonesia adalah bahasa Indonesia. Jadi memahami jurnal bahasa Indonesia jauh lebih mudah dibandingkan memahami jurnal internasional.

Tapi tenang saja bagi kalian yang sedang menghadapi masalah tentang susahnya memahami jurnal Internasional.Karena Bela akan memberikan solusi buat kalian untuk menerjemahkan jurnal internasional tersebut.

Cara Translate Jurnal Internasional Bahasa Inggris

Solusi yang Bela berikan untuk kalian yang susah memahami jurnal internasional tentu saja menerjemahkannya. Lalu bagaimana cara translate jurnal internasional yang berbahasa Inggris teresebut? Apakahkah dengan kamus satu persatu, atau memasukan kata per kata di google translate. Langsung saja simak cara berikut.

Bela akan membagikan 5 cara yang bisa kalian pilih untuk translate jurnal yang berbahasa Inggris ke bahasa indonesia. Nanti silahkan kalian pilih sendiri mana yang paling mudah di praktekkan.

Memakai Google translate

Opsi pertama yang bisa kalian pakai adalah memakai google translate. Di dalam google translate juga memungkinkan kalian untuk menerjemahkan dalam betuk file, entah file tersebut pdf, doc, dan lain sebagainya. langsung saja berikut cara menerjemahkan jurnal bahasa Inggris menggunakan google translate.

  • Buka google translate atau klik disini.
  • Lalu lihat di kolom atas pindah menu teks ke dokumen.
  • Setelah itu silahkan kalian upload jurnal internasional yang akan kalian terjemahkan
  • Tunggu proses translate jurnal tersebut hingga selesai.
  • Sekarang jurnal tersebut sudah berbahasa Indonesia.

Memakai google docs

Selain memakai google translate, kalian juga bisa memakai fitur sejenis yang dimiliki google yaitu google docs. Dengan adanya built-in yang ada di dalam google docs akan membantumu untuk translate jurnal internasional. Langsung saja, berikut cara menerjemahkan jurnal bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

  • Jika jurnal kalian berbentuk file silahkan format terlebih dahulu ke docs.
  • Buka google docs atau klik disini dan buat dokumen baru.
  • Salin seluruh jurnal tersebut ke dalam dokumen baru. Atau kalian bisa melakukan upload jurnal tersebut ke google docs.
  • Setelah itu silahkan pergi ke menu tools dan pilih translate document
  • Setalah itu akan muncul pilihan bahasa dan pilih bahasa Indonesia 
  • Setelah pemilihan bahasa silahkan klik transalate. Maka akan jurnal yang tadi berbahasa Inggris akan berganti ke bahasa Indonesia. 

Menggunakan Deepl Translator

Deepl translator merupakan sebuah situs website penerjemah online yang bisa kalian gunakan secara gratis. Situs ini dalam akurasi melakukan penerjemahan bahasa cukup baik. Namun situs ini hanya menyediakan 28 bahasa saja. Sama seperti google translate, dalam situs ini kalian bisa menerjemahkan dalam bentu kata per kata dan menerjemahkan file.

Bagi kalian yang ingin menerjemahkan secara menyeluruh kalian bisa memilih file supaca lebih cepat dan mudah. Namun Deepl Translator ini hanya mendukung 3 format saja, yaitu, docs (word), pdf, dan pptx (Power Point). Berikut cara menerjemahkan Jurnal Internasional di Deepl Translator.

  • Buka situs Deepl Translator atau klik disini.
  • Pilih translate dokumen dan upload jurnal internasional yang ingin kalian terjemahkan
  • Setelah itu pilih translate document into dan tunggu proses translate jurnal tersebut selesai.
  • Sekarang jurnal kalian sudah berbahasa Indonesia.

Menggunakan DocTranslator.

Selain menggunakan 3 cara tadi, kalian juga bisa menggunakan DocTranslator untuk melakukan penerjemahan jurnal yang berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Bahkan klaim dari DocTranslator, situs ini mampu menerjemahkan seperti manusia dengan tingkat akurasa hingga 90%. 

Namun sebelum kalian mencoba dengan cara ini pastikan jurnal kalian tidak memiliki banyak kata. Karena situs ini memberi batasan hanya  1000 kata saja. jika kalian ingin translate lebih banyak lagi, maka kalian akan di kenakan biaya. 

  • Jika kalian tetap memutuskan menggunakan situs ini berikut caranya.
  • Buka DocsTranslator atau klik disini.
  • Setelah itu klik "Unggah Dokumen-Gratis" dan upload jurnal yang ingin kalian terjemahkan. 
  • Pilih bahasa yang ingin kalian pilih dan pilih upload.
  • Tunggu proses translate tersebut hingga selesai.

Menggunakan Penerjemah Profesional

Biasanya terdapat beberapa kata akademis yang berbeda penerjemahannya. Bahkan karena inilah tak jarang mereka menggunakan para penerjemah profesional untuk menunjang kegiatan akademis.

Menurut Alfonso Martinez teori dan rumus tidak bisa diterjemahkan kata perkata untuk memahaminya. Karena terdapat beberapa istilah yang tidak bisa diterjemahkan. Jika kalian ingin menggunakan jasa penerjemah, kalian bisa mencari banyak sekali di google atau bahkan ada di marketplace.

Itulah 5 cara yang dapat digunakan untuk menerjemahkan jurnal internasional kalian. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 cara translate Jurnal Internasional Bahasa Inggris dengan Mudah"

Post a Comment