Cara Mengetahui keyword yang sering dicari di youtube

Selain Google, kini ada mesin pencari kedua yakni youtube dimana tiap bulannya ada 92 milyar halaman view. Wow menakjubkan bukan? Tertarik untuk bermain di youtube? Nah untuk itu perlu simak terlabih dahulu cara mengetahui keyword yang sering dicari di youtube pada artikel ini. 

Cara Mengetahui keyword yang sering dicari di youtube

Seperti halnya dengan webiste, youtube juga memungkinkan untuk memonetisasi konten video yang kalian unggah. Pihak youtube akan menyetujui monetisasinya ketika jumlah penayangan video sudah memenuhi kriteria tertentu. 

Cara penyampaian informasi di youtube lebih menarik, setidaknya disajikan melalui audio visual. Berbeda dengan blog atau website dimana kalian harus membacanya secara teliti untuk mendapatkan informasi yang dimaksud. 

Panduan Meningkatkan View Video Youtube

Nah sebelum Bela membeberkan cara mengetahui keyword yang sering dicari di youtube, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu ulasan tentang cara meningkatkan view video pada youtube kalian. 

Tak cukup hanya mengunggah video untuk mendatangkan view di Youtube. Bahkan untuk menjadikan akun lebih besar membutuhkan banyak subscriber dan viewer. 

Beragam video bisa kalian temukan di Youtube dengan kualitas yang beragam pula. Misalnya kalian sudah mengunggah video di Youtube, namun belum juga mendapatkan view dalam waktu yang lama. Mungkin harus dikaji kembali mengapa video Anda belum juga mendapatkan view?

1. Judul dan Kata Kunci yang Tepat

Judul video harus sesuai dengan isi video agar pengunjung mendapatkan kesan pertama yang memuaskan. Selain itu juga judul yang tepat bisa memudahkan algoritma Youtube untuk menemukan video kalian. 

Beberapa konten kreator youtube atau sering disebut youtuber memilih judul clickbait untuk menarik viewer. Bisa saja cara ini kalian digunakan, namun bisa berdampak dengan unlike pada video kalian karena tidak sesuai dengan judul video youtube kalian. 

2. Deskripsi Video Youtube

Selain memahami cara mengetahui keyword yang sering dicari di youtube, kalian juga bisa memaksimalkan dahulu peran deskripsi video. Berikan beberapa penjelasan dua hingga tiga baris untuk memperoleh peringkat di mesin pencari youtube. 

Kalian bisa mengisi deskripsi yang mencakup tema atau isi video yang ada di dalamnya. Gunakan beberapa frasa atau kata kunci auto complete di mesin pencari sebagai deskripsi video kalian. Hindari spam kata kunci di deskripsi video. 

3. Memberi Nama Video Sesuai Kata Kunci Sebelum Diunggah

Kalian sudah membuat video dan mengeditnya, tapi jangan langsung upload ke youtube. Pastikan terlebih dahullu namanya sudah diubah sesuai kata kunci dengan format misalnya kata_kunci.mp4. Disini kalian mengganti nama filenya, bukan judul video youtube kalian. 

Dengan memberi nama file video ini nantinya mesin pencari akan lebih mudah mengetahui isi video Anda. Indeks pencarian akan lebih mudah meletakkan video Anda di peringkat tinggi. 

4. Penggunaan Tag dan Keyword Research

Sudah tidak sabar untuk menyimak ulasan cara mengetahui keyword yang sering dicari di youtube? Tenang! Ini poin terakhir, gunakan tag untuk mendapatkan peringkat di pencarian Youtube. Tag yang spesifik dengan menulis kata kunci akan mempermudah algoritma ketika membaca konten video kalian. 

Cara Mengetahui Keyword Yang Sering Dicari Di Youtube Menggunakan Tool

Untuk Keyword Research, akan Bela jelaskan lebih lanjut di bawah ini. Ada beberapa tool yang bisa kalian gunakan untuk mencari keywoard youtube. 

1. SEMRush

Jika kalian seorang Pemula yang sedang menjadi youtuber, maka kalian bisa menggunakan tool ini untuk mencari kata kunci. Ada baiknya untuk mulai menganalisa kompetisi kata kunci menggunakan tool SEMRush ini.

Caranya mudah saja, kalian tinggal masuk ke website resmi SEMRush kemudian pilih opsi Keyword Planner. Ketikkan kata kunci yang ditargetkan, nanti akan muncul hasilnya dengan berbagai skor kesulitan kata kunci tersebut. 

2. Keyword Everywhere

Ini merupakan plugin Mozilla Firefox yang juga tersedia sebagai ekstensi pada Google Chrome. Keyword Everywhere memungkinkan kalian untuk bisa mengetahui search volume, CPC (Cost Per Click) dan kompetisi AdWords pada kata kuncinya. 

Cara penggunaannya juga mudah, kalian hanya perlu memasang plugin ini pada browser yang kalian gunakan. 

Kemudian selanjutnya cari kata kunci yang kalian inginkan pada kolom pencarian Youtube. Maka secara otomatis data yang kalian sebutkan akan muncul di bawah kolom pencarian. 

3. Keywordtool.io

Cara mengetahui keyword yang sering dicari di youtube yang ketiga adalah menggunakan keywordtool.io. Ini sudah banyak digunakan oleh konten kreator ketika melakukan riset kata kunci.

Sama halnya dengan tool yang sebelumnya, keywordtool.io tidak hanya digunakan untuk Google. Bisa jugauntuk Bing, Amazon, eBay hingga Youtube. kalian bisa memilih versi berbayar atau juga versi yang gratisnya. 

Cara menggunakannya juga mudah, tinggal masuk ke website keywordtool.io dan masukkan kata kunci yang diinginkan. Nanti akan muncul hasilnya sesuai dengan trend, search volume, CPC hingga competition. 

Sayangnya, hasil pencarian kata kunci tidak bisa ditampilkan secara keseluruhan untuk versi gratisnya. Saran kata kunci justru dibatasi untuk keywordtool.io yang versi gratis ini. 

4. Mencari Keyword dari Channel Kompetitor

Menarik sekali cara yang satu ini, bahkan beberapa pemula tidak menyangka bahwa cara ini bisa digunakan. Cobalah cari keyword dari saluran atau channel pesaing kalian. Temukan keyword dengan traffic tinggi pada channel competitor.

Selain lebih menghemat waktu dan energy, cara mengetahui keyword yang sering dicari di youtube satu ini jauh lebih efektif. Namun, pastikan memilih channel yang selevel dengan channel yang kalian miliki. 

Bagaimana cara melakukannya? Caranya klik tab video untuk melihat daftar konten pesaing. Kemudian urutkan sesuai popularitas konten yang paling banyak ditonton. 

Selanjutnya lihat judul dan deskripsi video tersebut. Nanti kalian akan menemukan beberapa kata yang terbukti bagus, maka Anda bisa menggunakannya. 

5. VidIQ

Keyword tool ini sebenarnya ditujukan khusus untuk berbagai platform yang berbasis video, salah satunya Youtube. 

Kalian tinggal memasukkan kata kunci yang akan diteliti, kemudian pilih Negara dan kalian bisa mendapatkan informasi volume pencariannya. Selanjutnya tool akan menyediakan data yang disimpulkan menjadi beberapa kata kunci yang efektif untuk digunakan. 

Untuk content creator pemula, VidIQ versi gratis sudah terbilang bagus. Untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam sebaiknya gunakan versi berlangganan atau berbayar. 

Semua tools selain tools VidiQ ini bisa kalian gunakan untuk mencari keywoard konten artikel pada sebuah website atau blog.

Cara Mengetahui Keyword Yang Sering Dicari Di Youtube Secara Manual

Cara mengetahui keyword yang sering dicari di youtube Secara manual? Apa bisa? Selain menggunakan aplikasi yang telah disebutkan di atas, tentu bisa juga dilakukan secara manual. Caranya sangat sederhana, kalian bisa menggunakan fitur auto correction yang ada pada kolom pencarian Youtube. 

Misalnya kalian ingin mendapatkan kata kunci untuk “Resep Ayam”, maka tinggal mengetikkan kata kunci tersebut pada kolom pencarian. Ketika menambahkan spasi, maka muncul kata baru lainnya apalagi setelah mengetik satu huruf lagi. 

Resep Ayam (Spasi) maka akan keluar pada kolom di bawahnya, seperti Resep Ayam Bakar, Resep Ayam Crispy, Resep Ayam Suwir dan masih banyak yang lainnya. Mudah bukan?

Dari kedua cara mengetahui keyword yang sering dicari di youtube yang telah dijelaskan tersebut, mana yang akan digunakan? Pastikan konten yang Anda buat lebih menarik dan tidak melakukan plagiat. Semoga Berhasil. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengetahui keyword yang sering dicari di youtube"

Post a Comment