Tutorial Cara Membuat Tulisan SEO Sesuai Guidelines

Cara Membuat Tulisan SEO
Bagi kalian yang terjun ke dunia bisnis digital atau blogging, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO. Mengapa artikel SEO menjadi penting? Bagaimana cara membuat tulisan SEO? Selengkapnya akan Bela bahas di dalar artikel ini. 

Pemilik website tentunya membutuhkan konten artikel atau tulisan yang menarik untuk menarik perhatian pengunjung. Biasanya tulisan tersebut dibuat semenarik mungkin dengan tetap memperhatikan kualitas dan kaidah SEO. 

Daftar isi

Kaidah SEO sering digunakan untuk menaikkan rating website agar dikenal lebih luas. Tak hanya itu, dengan menggunakan Kaidah SEO membuat para pengguna internet mudah menemukan tulisan tersebut.

Setidaknya  membuat tulisan yang kalian buat akan lebih mudah untuk masuk ke halaman satu di mesin pencarian Google. Dengan begitu, semakin banyak pengunjung yang membaca konten artikel yang ada di website kalian. Langsung saja mari kita bahas satu per satu mengenai cara membuat tulisan seo itu. 

Pengertian Tulisan SEO

Beberapa orang mengklaim bahwa rutin menulis artikel bisa membuat website jadi naik. Ada juga yang menyebutkan, yang penting isi artikel menarik dan original. Tidak salah memang, namun dengan menulis artikel SEO membuat semuanya lebih mudah. 

Tulisan SEO sendiri dapat diartikan sebagai tulisan yang dibuat dengan menggunakan kaidah penulisan artikel yang baik. Bahkan tulisan tersebut harus sesuai dengan teknik Search Engine Optimization. 

Dari pengertian di atas, itu menandakan tulisan tidak hanya memperhatikan selera pembaca. Kalian juga harus mempertimbangkan kaidah yang disukai oleh mesin pencari google. 

Google sebagai mesin pencari biasanya menerapkan skema yang unik. Artinya Google memilihkan artikel yang benar-benar spesial untuk dimunculkan ke halaman satu atau page one google. Sampai disini mungkin kalian mulai memahami pentingnya cara membuat tulisan SEO.

Selain itu kalian juga dituntut untuk terus kreatif dalam membuat tulisan, bahkan harus fresh dan enak dibaca. Google selalu melakukan penyempurnaan dengan melakukan pebaruaan Algoritma Google dari waktu ke waktu. 

Manfaat Artikel SEO

Setelah mengetahui pengertian artikel SEO yang Bela sampaikan secara singkat, lalu apa manfaat dari artikel SEO? Apakah ada manfaat artikel SEO untuk menunjang pemasaran bisnis yang menggunakan website atau blog. 

Jadi ketika pengguna internet mencari sesuatu atikel, blog atau website yang muncul di halaman pertama  tentunya memiliki peluang lebih besar untuk dikunjungi. Jika kalian menggunakan website untuk jualan, tentunya kalian memiliki peluang lebih besar untuk closing barang yang kalian jual di website tersebut. Selain itu, berikut manfaat dari artikel  Seo yang Bela simpulkan dari website Teemingtech :

1. Meningkatkan Kunjungan

Sebuah website yang artikelnya memperhatikan kaidah dalam artikel SEO, maka pengaturan SEO-nya bisa lebih mudah. Artinya website kalian memiliki peluang lebih besar untuk dikunjungi banyak pengguna internet. 

Maka dari itu selalu ada perbedaan artikel seo dengan artikel biasa ketika dimasukkan ke dalam sebuah website. Seperti ketika dilihat dari statistik pengunjungnya, maka akan jelas terlihat. 

Jika mengggunakan tulisan seo tentunya website tersebut akan ramai dikunjungi. Dengan begitu membuat keberadaan website semakin banyak diketahui orang. Tidak heran  karena inilah para pemilik website terus meningkatkan Teknik dalam cara membuat tulisan SEO agar bisa meningkatkan pengunjung.

2. Meningkatkan Trust Untuk Calon Pembeli

Trust atau Kepercayaan dalam dunia bisnis itu sangat penting, bahkan menjadi salah satu modal utama. Keberadaan website semakin dikenal dengan menggunakan artikel SEO Friendly.

Jika website kalian sudah memiliki popuralitas dan kredibilitasnya  yang sudah banyak diketahui orang, setidaknya membuat pengunjung awam pun lebih percaya. Apalagi jika website tersebut digunakan untuk bisnis atau menjual sebuah produk. 

Bisa dipastikan bahwa kepercayaan pengguna timbul dari banyaknya pengunjung website bisnis tersebut. Apalagi jika website-nya dikelola secara professional oleh orang-orang yang mengerti dunia SEO. 

3. Meningkatkan Earning Google Adsense

Peluang yang besar setelah banyaknya pengunjung atau kepercayaan, yakni Earning yang meningkat. Pendapatan dari Google Adsense setidaknya bisa meningkat melalui artikel SEO itu. 

Namun pastikan terlebih dahulu website atau blog tersebut sudah dimonetisasi. 

Cara Membuat Tulisan SEO

Membuat tulisan SEO memang tidak mudah, apalagi jika belum terbiasa membuatnya. Sebagian orang merasakan hal tersebut, bahkan ragu untuk membuat artikel SEO Friendly. 

Tidak perlu khawatir! kalian bisa mencoba melakukan beberapa langkah di bawah ini. Cara membuat tulisan SEO sebenarnya terbilang mudah, terus belajar dan temukan bentuk terbaiknya. 

1. Siapkan Keyword dan Judul

Agar artikel yang kalian buat disukai mesin pencari, maka pandai-pandailah dalam mencari keyword dan judul yang tepat. Komponen tersebut memiliki pengaruh yang kuat untuk menaikkan peringkat di mesin pencari. 

Pencarian di Google biasanya menggunakan keyword atau kata kunci, maka keyword ini harus diletakkan di banyak tempat. Namun jangan sampai terlihat spam, karena Google tidak menyukainya. 

Tempatkan keyword secara merata di seluruh artikel, tidak terlalu berdekatan juga. Biasanya jumlah keyword sekitar 1 hingga 1,5%. Misalnya, jumlah kata artikel yang kalian buat adalah 500 kata, maka butuh 5 keyword saja. 

Lengkapi keyword tersebut dengan menggunakan keyword turunan agar membantu muncul di mesin pencari. 

2. Susun Kerangka Tulisan yang Bagus 

Agar artikel terkesan professional, buatlah kerangka atau struktur tulisan yang tepat. Cara membuat tulisan SEO yang kedua ini harus memperhatikan kerangka tulisan. 

Selain judulnya, isi dari tulisan juga menjadi penting apalagi relevansinya dari judul dengan isi artikel. Seperti adanya sub judul, paragraph pembuka, isi dan penutup menjadikan artikel lebih ramah SEO. 

Khusus untuk subjudul, itu penting karena kalian bisa menyematkan keyword yang lebih mudah ditemukan mesin pencari. Lebih menarik lagi jika tampilan tulisan dilengkapi Heading, numbering dan bullet pada artikel. 

3. Tambahkan Media Gambar atau Video

Penempatan media seperti gambar atau video bisa berada di awal, tengah atau akhir artikel. Tulisan yang dilengkapi dengan media lebih menarik perhatian untuk dibaca oleh para pengunjung. 

Selalu pastikan bahwa gambar yang kalian gunakan sesuai dengan isi artikel. Apalagi jika gambar tersebut digunakan untuk artikel tutorial. 

4. Optimalkan Internal dan Eksternal Link

Tidak banyak diketahui oleh penulis pemula, internal dan eksternal link juga memberikan dampak yang cukup besar untuk membuat tulisan menjadi SEO Friendly. Dari sekian cara membuat tulisan SEO yang Bela sampaikan tadi, kalian juga harus  memperhatikan hal ini. 

Internal link artinya, tautan dari satu halaman ke halaman lain dalam satu website yang sama. Sedangkan eksternal link merupakan kebalikannya, yakni tautan yang berasal dari luar website. 

Aturannya yakni harus memiliki relevansi yang sesuai, seperti penjelasan lebih lanjut dari tulisan yang sedang dibahas tersebut. Sedangkan untuk eksternal link setidaknya harus diarahkan ke website yang memiliki popularitas lebih tinggi. 

5. Mengisi Meta Description dengan Tepat

Ternyata teknik SEO itu menarik karena banyak faktor yang harus diperhatikan. Salah satunya meta description yang mewakili isi tulisan kalian untuk ditampilkan di mesin pencari Google. 

6. Gunakan Tools Penunjang SEO

Seperti ubersuggest atau yang lainnya, website ini bisa memberikan informasi mengenai keyword populer. Selain itu bisa juga menampilkan data pencarian keyword tertentu yang banyak dicari orang. 

7. Persingkat URL Artikel

Cara membuat tulisan SEO yang terakhir adalah adalah persingkat URL dari Artikel yang telah kalian buat. Biasanya semakin pendek semakin bagus di mata Google. 

Sebaiknya kalian cukup menggunakan target kata kunci untuk dijadikan di url tulisan yang kalian buat. Misalnya http://www.namablog.com/target-kata-kunci/.

Akhir Kata

Dari berbagai penjelasan cara membuat tulisan SEO di atas, apakah kalian tertarik untuk mempraktekkannya? Satu hal yang pasti, sebaiknya kalian menulis dengan tidak meniru hasil karya orang lain. Semoga Bermanfaat dan selamat mencoba!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Cara Membuat Tulisan SEO Sesuai Guidelines"

Post a Comment