Cara Membuat Kotak Script di Blogger

Cara Membuat Kotak Script Di Blogger

Sebagai seorang blogger, tentunya ingin menampilkan postingan artikel di halaman blog yang terlihat menarik dan rapi. Penulisan artikel tidak bisa dibuat asal-asalan, terkadang kalian memerlukan tabel atau bahkan tabel script agar terlihat rapi.

Umumnya tabel digunakan untuk mengelompokkan sebuah data. Jika kalian ingin membuat tabel di dalam postigan silahkan klik disini. Sedangkan tabel script digunakan ketika kondisi tertentu, seperti contohnya jika kalian membuat tulisan yang menyertakan kode script html. Disini kalian memerlukan tabel script agar tulisan kalian terlihat lebih rapi dan mudah dipahami. Nah, cara membuat kotak script di postingan blog akan Bela jelaskan di dalam artikel ini.

Daftar isi

Menyisipkan sesuatu ke dalam postingan itu maksudnya seperti memasang text link, memasang script HTML, CSS atau yang lainnya. Semua itu tentu tidak bisa kalian dapatkan secara otomatis, karena kalian harus membuatnya sendiri.

Bagi kalian yang belum mengetahui caranya tak perlu bingung. Karena dalam artikel ini Bela akan menjelaskan cara membuat kotak script di postingan blog yang unik dan mudah. Selain itu kalian dapat mengatur bentuk dan warna dari kotak script tersebut agar menarik dan nyaman dipahami oleh visitor blog kalian. 

Apa itu Kotak Script?

Para blogger menyebut kotak script sebagai text box area yang di dalamnya bisa kalian masukkan berbagai tulisan atau script code. Tergantung jenisnya juga, baik yang biasa atau dengan fungsi scroll yang bisa membuat kesan rapi dan teratur untuk sebuah postingan kalian. 

Hal ini bisa membuat pengunjung blog merasa nyaman ketika membaca artikel yang ada di blog atau website kalian. Manfaat lain dari Text box juga yakni agar tidak tercampur antara script code dan tulisan artikel  yang kalian buat. 

Apalagi pengunjung pastinya menyukai halaman artikel yang muudah dibaca, sehingga mereka bisa berlama-lama di halaman tersebut. Cara membuat text box di postingan blog sangat penting apalagi jika niche-nya tentang blogging. 

Hindari menggunakan kotak script yang mempastekan langsung ke dalam postingan. Karena script tanpa kotak akan memberikan kesan yang tidak beraturan dan tidak rapi. Bahkan kadangkala membuat susunan tulisan dan paragraf yang ada di postingan menjadi tidak beraturan. 

Karena inilah banyak pemilik blog yang menggunakan kotak script dalam penyampain script code yang ada di postingannya.  Mereka membungkus kode script dalam postingan tersebut agar para pembacanya mudah memahami isi artikel  yang dibuat. Tertarik untuk membuat text box script didalam postingan? Langsung saja simak di  bawah ini.

Panduan Membuat Kotak Script di Postingan Blog

Sebenarnya sudah banyak beberapa blog atau website yang membahas cara membuat kotak script ini. Untuk membuatnya text box ini sangatlah mudah dan sederhana. Kalian hany perlu melakukan beberapa langkah saja. 

Kebanyakan beberapa website atau blog yang membahasnya cara membuat tabel script mengharuskan kalian untuk pandai mengotak-atik kode CSS. Kode tersebut digunakan untuk  mengatur text box agar selaras dengan tema blog, sedangkan blogger pemula akan merasakan kesulitan jika harus memahami kode CSS. 

Namun dalam artikel ini kalian bisa membuat text box script walaupun kalian belum paham betul kode css. Sebenarnya Banyak tampilan kotak script yang bisa bkalian gunakan agar tampilan postingan kalian menjadi lebih rapi. Maka dari itu bela akan membahas istilah-istilah penting terlebih dahulu agar tampilan kotak script sedikit berbeda, 

Berikut beberapa istilah penting yang dapat merubah dari tampilan kotak script agar selaras dengan tema kalian: 

• Border, berfungsi sebagai suatu garis yang membentuk kotak. Ketebalan kotaknya bisa diubah dengan cara memperbesar px-nya. 

• Double, salah satu bentuk kotak script yang bisa kalian ganti juga. Caranya dengan menggunakan kode dotted, solid, groove atau dashed. 

• Padding, istilah ini mengarah kepada kode html untuk menentukan ukuran lebar atau panjang sebuah kotak script. Cara menggantinya juga yakni mengubah ukuran px tersebut. 

• Background color, hubungannya yakni dengan warna kotak script itu sendiri. Kalian dapat mengganti sesuai kode warna yang kalian ingikan 

• Terakhir ada istilah text align, kalian bisa mengubah posisi text apakah rata kiri kanan atau justru di tengah. 

Beberapa orang telah menyarankan untuk membuat kotak script menggunakan Prism Syntag Highlighter. Script ini membuat tampilan blog terlihat lebih bagus dan profesional. 

Meskipun terlihat lebih bagus, sayangnya berpengaruh pada beban load suatu blog. Sehinga mengakibatkan pagespeed blog menurun. Hal itu dikarenakan script CSS yang ditanam pada template lumayan panjang. Berikut Bela tunjukkan cara membuat kotak script di postingan blog. 

Cara Membuat Kotak Script di Postingan Blog

Dengan menggunakan kotak script, setidaknya tampilan blog bisa terlihat lebih bagus. Kalian bisa menjalankan blogging secara lebih profesional. Bahkan bisa dijadikan sebagai blog bisnis jual produk. Berikut cara membuat kotak script di postingan blog

1. Masuk ke Entri Baru

Setelah membuka blog yang kalian miliki, silahkan masuk ke halaman pembuatan postingan. Nanti akan menemukan opsi Entri Baru, bisa klik disitu untuk memulainya. 

2. Buat Artikel

Siapkan artikel yang sudah memenuhi standar SEO Friendly agar blog kalian semakin banyak pengunjungnya. Jika kalian belum memahami cara membuat artikel SEO silahkan baca artikelnya dengan cara klik disini.

Cara Membuat Kotak Script di Blogger

Selanjutnya masukkan artikel yang telah dibuat tersebut ke dalam kolom artikel. Bagi kaaliian yang ingin membuat text box, maka pilih mode HTML. Letaknya di sebelah mode compose. 

3. Copy Script

Silahkan salin script dibawah in untuk membuat tabel script di dalam postingan kalian. 

<div style="-moz-border-radius: 10px; -webkit-border-radius: 10px; background-color: #f3f3f3; border-left: 5px solid #2288dd; border-radius: 10px; padding: 10px; t-align: left;">Letakkan code yang Anda inginkan di sini</div>

Lebih bagusnya jika kalian memahami kode CSS, sehingga kalian bisa membuat versi text box kalian sendiri. Karena itu cara membuat kotak script di postingan blog dianggap mudah oleh beberapa orang yang memahami kode CSS. 

4. Paste Script di Tempat yang Kalian Inginkan

Pada mode HTML, nantinya kalian akan menemukan berbagai opsi untuk meletakkan script tersebut. Dari berbagai opsi, silahkan saja tempatkan sesuai dengan yang kalian inginkan.

kalian juga mungkin menemukan tulisan “Letakkan code yang anda inginkan disini” pada bagian script. Nah, tulisan biasanya berwana merah dan bisa kalian ganti sesuai data yang akan dimasukkan ke dalam kotak  script. 

5. Kembali ke Mode Compose

Setelah berhasil memasukkannya di mode HTML, Silahkan kembali ke mode Compose. Lihat hasilnya seperti apa, jika masih belum sesuai dengan yang diinginkan bisa kalian edit kembali. 

Script text box memiliki beberapa jenis yang bisa kalian atur sesuai yang kalian inginkan. Seperti kotak script dotted, kotak script scroll, kotak script blue navy dan kotak script left border. 

Kalian bisa mengganti warna background dengan cara melakukan edit kode script sesuai dengan kode warna yang kalian inginan. Berikut beberapa hal yang bisa kalian ganti: 

• Border:3px merupakan ketebalan border kotak script, kalian bisa mengeditnya sendiri. Sedangkan untuk #9191ed merupakan warna kotaknya. 

• Dotted juga diartikan sebagai border yang putus-putus. Kode ini bisa diganti oleh kode lain, jika kalian kurang menyukainya bisa dihilangkan saja. 

• Padding:10px diartikan sebagai lebar kotak ke bawah, kalian bisa mengubah ukurannya. 

• Background-color merupakan warna dalam kotak yang bisa kalian sesuaikan kembali warna apa yang kira-kira menarik. 

Kesimpulan

Mudah bukan cara membuat kotak scrip di dalampostingan blogger. Kalian juga bisa membuat tabel script yang bisa discroll. Kalian tinggal menambahkan kode height widht dan overflow untuk menambah script yang bisa di scroll. 

Dengan begitu kalian dapat mengatur tampilan kotak script versi scroll yang vertical ataupun horizontal atau bahkan mengabungkannya dengan membuat kotak scroll yang horizontal dan vertikal. 

Dari berbagai ulasan di atas mengenai cara membuat kotak script di postingan blog, Bela menarik kesimpulan mengapa kalian harus menggunakan kotak script?

1. Keberadaan kotak script akan membuat postingan blog menjadi lebih rapi. Bisa memisahkan text biasa dengan kode script, itu karena tersusun dalam satu kotak. 

2. Lebih menarik sebagai tempat konten pilihan post, seperti tombol download atau apa saja yang menarik pengunjung untuk memilihnya. 

3. Loading blog bisa dipersingkat, ini yang paling membuat pengunjung merasakan kenyamanannya. 

Jadi itulah ulasan yang cukup lengkap dari cara membuat kotak script di postingan blog. Bisa mencobanya sendiri untuk blog yang kalian miliki. Semoga Berhasil. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Kotak Script di Blogger"

Post a Comment