Cara Membuat Video Pembelajaran di HP Android

Di musim pandemi semuanya dituntut serba online untuk menghabat laju penularan covid 19. Beberapa instansi dan perusahaan mewajibkan karyawannya untuk bekerja dari rumah. Bahkan pemerintah, melalui kemendikbud menganjuran pembelajaran tidak melalui tatap muka namun melalui pembelajaran secara online.


Dengan ini, guru dan siswa sangat bergantung pada beberapa aplikasi yang menunjang pembelajaran secara online seperti zoom ataupun google meet. Dengan semakin banyaknya pembelajaran online membuat semakin banyak yang memakai aplikasi tersebut.

Daftar isi

Namun bagi kalian yang seorang guru, tentunya ingin cara peyampaian materi dapat dimengerti oleh semua anak didik kalian. Salah satu cara yang bisa menunjang agar penyampian kalian mudah dimengerti adalah dengan menyertakan beberapa video penjelasan yang dapat diputar secara berulang.

Tetapi tenang saja bagi kalian yang tekendala tidak mempunyai laptop ataupun kesusahan dalam membuat video pembelajaran. Karena ternyata cara membuat video pembelajaran tidak begitu sulit, bahkan bisa kalian buat menggunakan smartphone android kalian.

Sebenarnya banyak aplikasi editing android yang menunjang bagi kalian untuk membuat video pembelajaran. Bahkan lebih banyak lagi jika kalian menggunakan laptop untuk membuat video pembelajarannya. Kaliam bisa memanfaatkan adobe premier pro, ataupun filmora untuk membuat video pembelajaran di laptop.

Tapi kali ini Bela hanya membahas 3 aplikasi untuk membuat video pembelajaran di hp android dan 8 aplikasi editing di hp android untuk menunjang kalian dalam membuat video pembelajaran. Berikut cara membuat video pembelajaran di hp android

Aplikasi Android untuk Membuat Video Pembelajaran

Untuk beberapa aplikasi berikut bisa kalian manfaatkan dalam membuat video pembelajaran.  Bahkan aplikasi berikut dapat kalian gunakan untuk merekam, ataupun membuat kelas secara virtual sekalipun. Langsung saja simak ulasan berikut ini :

LiveBoard Interactive Whiteboard App

Cara Membuat Video Pembelajaran di HP Android

LiveBoard Interactive Whiteboard App meruakan sebuah aplikasi yang memungkinkan kalian untuk membuat kelas secara online ataupun offline. Untuk membuat kelas secara online, hampir sama seperti aplikasi zoom ataupun google meet. Namun perbedaannya adalah kalian dapat membuat kelas ofline dengan cara membuat membuat video pembelajaran di android kalian. Setelah itu, video tersebut bisa kalian bagikan ke anak didik kalian. Jadi video pembelajaran tersebut bisa dilihat berulang kali. Berikut beberapa fitur lainnya yang ada di aplikasi LiveBoard Interactive Whiteboard App :

- Kalian dapat berinteraksi dengan siswa secara langsung, baik secara video, pesan langsung ataupun hanya audio saja. 

- Terdapat fitur papan tulis yang bisa kalian manfaatkan untuk membantu kalian dalam memberikan materi.

- Kalian dapat mengupload materi ajaran, dengan format file JPEG, JPG, PNG, dan PDF. Dengan ini dapat memudahkan kalian dalam pembelajaran online.

- Selain itu juga banyak fitur unggulan lainnya yang bisa kalian manfaatkan untuk membuat video pembelajaran.

Itulah beberapa fitur unggulan dari aplikasi ini untuk menunjang kalian dalam membuat video pembelajaaran di hp android. Selain itu, semua fitur tersebut bisa kalian manfaatkan secara gratis. Kalian dapat mendownload secara gratis di google playstore untuk mendaptkan aplikasi ini.

Explain Everything Whiteboard

Cara Membuat Video Pembelajaran di HP Android

Aplikasi Explain Everything Whiteboard sangat cocok bagi kalian yang ingin membuat video pembelajaran di papan tulis. Karena dalam aplikasi ini kalian dapat membuat video pembelajaran dengan menyajikan dalam bentuk sketsa, rumus, dan merekam video tersebut. Sama dengan aplikasi lainnnya, kalian bisa membuat video pembelajaran dengan merekam secara langsung tanpa bantuan aplikasi lain. Kalian dapat mendownload aplikasi Explain Everything Whiteboard secara gratis di google playstore.

Miro: online collaborative whiteboard platform

Cara Membuat Video Pembelajaran di HP Android

Dengan bantuan aplikasi Miro: online collaborative whiteboard platform membuat kalian bisa membuat video pembelajaran melalului hp android kalian. Aplikasi ini dapat kalian download secara gratis dengan mengunduhnya di google playstore. 

Seperti Namanya, Miro: online collaborative whiteboard platform ini sebuuah papan tulis yang memungkinkan buat kalian untuk kolaborasi secara online dengan anak didik kalian. Dengan aplikasi ini, kalian dapat membuat papan tulis online yang dapat diisi oleh peserta didik kalian dalam bentu tulisan fisik yang difoto, ngupload gambar, dokumen, dan lembar kerja lainya. Selain itu aplikasi ini juga bisa merekam sehingga kalian bisa mendokumentaasikan pembelajaran dengan bentuk video pembelajaran. Sehingga video tersebut bisa dilihat berulang kali oleh siswa siswi kalian.

Aplikasi Editing di HP Android

Selain menggunakan platfroam pembelajaran online tadi, aplikasi editing juga tidak kalah penting bagi kalian yang ingin membuat video pembelajaran. Dengan melakukan editing terlebih dahulu, membuat video pembelajaran yang kalian buat menjadi lebih menarik. Tentunya aplikasi yang Bela bahas kali ini adalah aplikasi editing android. Sehingga memungkinkan kalian untuk membuat video pembelajaran di hp android kalian. Langsung saja, inilah aplikasi editing video di android yang bisa kalian manfaatkan daalam membuat video pembelajaran:

Kinemaster

Aplikasi editing video ini cukup banyak digunakan oleh para pengguna android. Bahkan beberapa youtuber ada yang melakukan editing video melalui kinemaster. Karena aplikasi ini memiliki fitur yang tak kalah dengan fitur adobe premier. Bahkan beberapa orang mengasumsikan bahwa kinemaster merupakan aplikasi adobe premier pro versi android.

Makanya sangat bisa kalian membuat video pembelajaran menggunakan aplikasi kinemaster. Kalian dapat melihat di youtube untuk tutorial bagaimana cara membuat video pembelajaran menggunakan kinemaster. Karena sudah banyak para youtuber yang mengulas tutorial menggunakan kinemaster. 

FilmoraGo

Hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi filmorago dapat kalian manfaatkan dalam membuat video pembelajaran. Bahkan aplikasi filmora juga ada bagi pengguna windows. Jadi bagi kalian yang sudah biasa mengedit video mennggunakan filmora di PC, tentunya sangat mudah dalam menggunakan aplikasi ini. 

Kelebihan dari filmorago adalah kalian dapat mengedit video dengan menambahkan efek musik tanpa ada watermaknya. Sehingga video pembelajaran yang kalian buat lebih enak dipandangnya. Aplikasi ini juga tersedia secara gratis di google playstore. Silahkan manfaatkan aplikasi ini dalam membuat video pembelajaran.

Inshot

Aplikasi selanjutnya yang bisa kalian manfaatkan dalam membuat video pembelajaran adalah inshot. Dengan aplikasi ini kalian dapat memotong video, menggabungkan video, menabah suara ataupun music.

Aplikasi InShot bisa menjadi salah satu opsi bagi kalian dalam membuat video pembelajaran di hp android. Kalian dapat mendownload aplikasi ini secara gratis di google playstore.

Youcut – Editor Video & Pembuat Video


Hamper sama dengan apliikasi sebelumnya, aplikasi ini dapat mengedit video dengan memotong, menggabungkan dan menambah efek suara dalam video pembelajaran yang kalian buat. Aplikasi ini dapat kalian install secara gratis di google playstore yang ada di android kalian.

Video Maker for YouTube - Video.Guru

Cara Membuat Video Pembelajaran di HP Android


Video maker ini sangat cocok bagi kalian yang ingin video pembelajaran di upload di youtube. Aplikasi ini  memiliki fitur yang cukup lengkap sehingga kalian dapat memanfaatkannya dalam pembuaan video pembelajaran. Hasil video dari aplikasi ini tidak akan muncul watermark. Sehingga video pembelajaran kalian lebih nyaman dipandangnya.

PowerDirector - Video Editor & Video Maker

Jika kalian ingin menghasilkan video pembelajaran yang sinematik, kalan bisa memanfaatkan aplikasi ini. Denggan aplikasi ini kalian dapat melakukan pengeditan yang sempurna walaupun hanya dilakukan di hp android. 

Dengan berbagai fitur yang ada didalamnya, membuat aplikasi ini dapat kalian manfaatkan dalam membuat video pembelajaran di hp android. Aplikasi ini juga cukup mudah pengoperasiannya. Jadi bagi kalian yang ingin membuat video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi ini, silahkan downlad di google playstore. 

VivaVideo

Cara Membuat Video Pembelajaran di HP Android

Aplikasi ini juga cukup populer di kalangan para pengguna android. Kalian bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada dalam membuat video pembelajaran. Namun sayangnya terdapat watermark dalam hasil editing video kalian. Jika kalian ingin menghilangkan watermark tersebut kalian harus berlanggan. Aplikasi ini tersedia di google playstore.  

Itulah 7 aplikasi android yang bisa kalian manfaatkan dalam membuat video pembelajaran. Silahkan kalian pilih mana yang cocok buat projek kalian

Akhir kata

Itulah cara membuat video pembelajaran di HP Android. Kalian bisa menfaatkan 3 aplikasi untuk membuat video pembelajaran dan kalian bisa memanfaatkan 7 aplikasi untuk edit video pembelajaran yang kalian buat. Selamat  mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Video Pembelajaran di HP Android"

Post a Comment