Cara Membuat Story Lagu di Instagram


Pasti diantara kalian mempunyai akun di sosial media Instagram.  Mengingat aplikasi ini cukup terkenal di Indonesia karena memiliki pengguna aktif yang cukup banyak. Tercatat menurut data yang dimuat Napoleon Cat, Instagram pada tahun 2020 memiliki pengguna aktif di Indonesia sebanyak 69,2 Juta pengguna. 

Banyaknya fitur yang dimiliki instagram menjadi salah satu alasan mengapa Instagram memiliki pengguna aktif yang cukup banyak. Mulai dari fitur mempercantik foto seperti filter di Instagram story hingga fitur memasarkan produk seperti IG ads juga terdapat di Instagram.

Daftar isi

Salah fitur yang ingin Bela bahas kali ini adalah fitur Instagram musik. Dengan menggunakan fitur Instagram musik, kalian bisa membuat story yang cantik dengan membuat story yang ada lagunya. 

Mungkin disaat kalian membuka story orang lain pernah menemukan sebuah notifikasi Instagram Music isn’t Available in Your Region. Lalu kenapa itu terjadi? tenang saja, dalam artikel ini Bela akan menjelaskan kenapa itu terjadi dan cara membuat story lagu instagram. 

Kenapa Tidak Bisa Membuka Instagram musik?

Fitur instagram music sebenarnya sudah ada sejak lama, tepatnya Juni 2018 lalu. Namun tidak semua pengguna dapat menikmati fitur tersebut. Fitur Instagram music baru tersedia beberapa negara saja, seperti Australia, Selandia Baru, Prancis, Jerman, Inggris dan Amerika Serikat. Karena inilah jika pengguna Instagram membuka Instagram music di luar negara tersebut akan menghadapi masalah isn’t Available in Your Region. 

Untuk membuat Story lagu beberapa pengguna Instagram memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mengatasi kendala tersebut. Para pengguna instagram hanya perlu menambahkan aplikasi VPN agar bisa memanfaatkan fitur Instagram musik. 

Seperti yang Bela bahas tadi, fitur instagram music hanya tersedia di beberapa negara saja.  Jadi fitur ini tidak tersedia secara resmi untuk pengguna yang ada di Indonesia. Namun bagi kalian yan masih ingin membuat story lagu di Instagram bisa memanfaatka sebuah aplikasi dari pihak ketiga melalui aplikasi VPN.

Berikut Bela akan membagikan dua cara membuat story lagu instagram yang bisa kalian coba, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini. 

Cara Membuat Story Lagu Instagram Dengan Tunnel Bear

Pengguna Instagram di Indonesia bisa menggunakan aplikasi VPN tunnel bear untuk membuat story lagu. Aplikasi ini bisa kalian dapatkan secarra gratis dan tinggal unduh saja di google plasytore. Berikut Cara buat story lagu di ig dengan memanfaatkan aplikasi tunnel bear


Download Aplikasi TunnelBear VPN

Download aplikasi TunnelBear VPN Android ini melalui Playstore. Perlu di garis bawahi, Bela hanya menyarankan download di plasytore dan TunnelBear yang resmi dirilis oleh TunnelBear,Inc. 

Buka dan Login

Setelah proses penginstallan selesai dan aplikasi tunnelbear sudah terpasang di handphone kalian, silahkan buka aplikasi tersebut dan login. Jila kalian belum mempunyai akun tunnel bear silahkan membuatnya dengan cara klik opsi Create an account dan lengkapi beberapa data yang tersedia disana.

Setelah akun tunnelbear sudah dibuat, kini kalian bisa login dengan menggunakan email dan password yang telah kalian buat tadi.

Sambungkan ke jaringan VPN

Masuk ke halaman utama TunnelBear, maka kalian bisa langsung menyambungkan jaringan VPN-nya. Pilih salah satu Negara yang menyediakan fitur Instagram Musik, sebagai contoh Inggris. 

Pilih opsi Inggris pada bagian bawah atau menggeserkan layar untuk menemukannya. Hubungkan dengan cara klik Yes. 

Nantinya toggle pada bagian atas akan menunjukkan status Connected, kemudian diikuti dengan munculnya logo VPN pada notification bar. 

Login ke Instagram 

Setelah VPN sudah diaktifkan, silahkan kalian beralih ke Instagram dengan catatan halaman TunnelBear tidak perlu kalian tutup. Kalian cukup Menggunakan tombol Home untuk meminimize TunnelBear dan kemudian buka aplikasi Instagram. 

Beberapa langkah kedepan akan memasuki langkah terpenting dalam Cara membuat story lagu instagram. Klik ikon kamera yang ada pada bagian atas untuk memulai Instagram Story seperti foto atau video biasanya. 

Tambahkan Sticker Instagram Music

Tambahkan stiker, caranya ketuk ikon stiker yang terdapat pada bagian atas atau swipe up layar. Klik opsi Music yang muncul di halaman tersebut. 

Selanjutnya akan muncul opsi lagu yang bisa ditambahkan. Ada pula beberapa pilihan seperti Popular, Moods dan Genre music yang kalian inginkan. 

Jika masih belum menemukan musik yang cocok, kalian bisa menggunakan kolom pencarian sebelah atas. Tidak hanya itu, kalian juga bisa mendengarkan preview lagu terlebih dahulu dengan cara klik ikon Play di sebelah kanan. 

Atur Durasi Lagu dan Posisi Stiker

Menariknya, ketika kalian menyukai sebuah lirik dari lagu tersebut, kalian bisa mengatur bagian lirik lagu tersebut. Silahkan pilih lirik yang akan kalian gunakan, dengan cara menggeser slider pada bagian bawah. 

Durasi lagu bisa diatur sesuai keinginan, klik ikon bagian kiri dan pilih durasi. Jika sudah selesai, kalian bisa Klik Done untuk menyimpan settingan.

Posisikan stiker instagram music dan atur bentuknya sesuai keinginan. Jika sudah sesuai, tinggal klik opsi your story dan bagikan secara publik. 

Selesai

Cara membuat story lagu instagram telah selesai! Kurang lebih cara-caranya seperti itu jika menggunakan aplikasi TunnelBear VPN. Praktekkan saja langsung agar Anda bisa semakin memahaminya. 

Cara Membuat Story Lagu Instagram Dengan Storybeat

Selain menggunakan tunnel bear, kalian juga bisa menggunakan aplikasi storybeat untuk menambahkan lagu pada ig story. Bahkan beberapa pengguna menganggap bahwa aplikasi ini lebih mudah digunakan dibandingkan TunnelBear. 

Aplikasi ini semakin lengkap dengan banyak fitur yang bisa kalian gunakan. Seperti, kalian dapat menambahkan musik ke sebah foto ataupun video. Sehingga cara membuat video musik seperti di instagram ini bisa lebih mudah. 

Terdapat fitur lainnya yang bisa kalian manfaatkan dari aplikasi story beat, seperti memberikan efek suara ke konten foto, foto slideshow dan kalian juga bisa mengubah foto ke Boomerang dengan menambahkan musik. 

Baiklah berikut ini cara membuat story lagu instagram dengan storybeat, silahkan simak langkah-langkahnya. 



Download Aplikasi Storybeat Terbaru

Cara yang pertama tentunya kalian harus mendowload storybeat di google playstore. Untuk aplikasi resminya, kalian bisa memperhatikan developer dari storybeat yakni Iflix Sdn Bhd. Download kemudian pasang pada perangkat Android yang kalian miliki. 

Buka Aplikasi StoryBeat

Biasanya aplikasi akan meminta perizinan, tak perlu khawatir karena masih aman juga. Ketuk tombol allow dan selanjutnya kalian sudah bisa mulai menambahkan musik di konten kalian dengan cara memilih opsi Add music to photos or videos. 

Tambahkan music

Setelah memilih foto dan video yang akan kalian tambahkan dengan musik, klik Next. Kemudian tambahkan musik dengan klik ikon “+” yang letaknya pada bagian bawah. 

Cari musik dengan menggunakan opsi Search music untuk mencari lagu secara online. Cara membuat story lagu instagram dengan story bead ini semakin menarik karena ada opsi Add song from your library untuk menambahkan lagu favorit dalam HP kalian. 

Jika sudah menemukan lagunya, klik Add untuk menambahkan musik yang ada di dalamnya. 

Mengatur musik

Sama dengan apikasi tunnelbear, musik yang kalian tambahkan tadi bisa diatur sesuai dengan lirik yang kalian inginkan. Misalnya mengatur lagu ke bagian lirik yang menyayat hati atau ke bagian aransement musik yang menarik.

Setelah selesai kalian bisa mendengarkan terlebih dahulu preview lagu sebelum diposting. Jika sudah fix, kalian bisa klik Save dan mendownloadnya. 

Ekspor Instagram Story

Setelah proses download selesai, Kemudian kalian pilih opsi free lalu klik continue dan tunggu proses hingga selesai. Walaupuun dalam opsi free terdapat watermarknya. 

Setelah proses selesai kini kalian tinggal klik Share Video untuk membagikannya ke Instagram Stories. Pilih juga opsi stories untuk membagikan ke akun Instagram. Sekarang kalian sudah bisa menampilkan story dilengkapi lagu, mudah bukan?

Kesimpulan

Itulah dua Cara membuat story lagu instagram yang bisa bela berikan. Kesimpulannnya jika kalian ingin menggunakan Instagram musik, maka pastikan kalian sudah menggunakan jaringan VPN dan mengatur connected ke Negara yang menyediakan fitur instagram music sebagaimana yang Bela sebutkan di awal artikel. 

Dari cara tersebut, maka kalian bisa membuat story lagu Instagram dan melihat story Instagram musik orang lain. 

Selain itu mukin terdapat kendala lainnya yang muncul, seperti gagal memuat sticker instagram music. Untuk mengatasi kendala ini, silahkan coba atur dengan mengubah zona waktu sesuai negara yang kalian gunakan di  jaringan VPN. 

Masuklah ke menu setting – Additional setting – date & time – select time zone. Sebelum  melakukannya, kalian perlu melog-out terlebih dahulu akun instagram sebelum menggunakan VPN. 

Terakhir, uninstall aplikasi instagram kemudian install kembali ketika Anda terhubung ke jaringan VPN. 

Dari kedua cara membuat story lagu instagram tersebut, mana yang akan kalian gunakan? Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Gunakan saja aplikasi yang kalian anggap lebih mudah. Selamat mencoba.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Membuat Story Lagu di Instagram"

Post a Comment