4 Fitur Bermanfaat Opsi Pengembang di HP Android yang Wajib Anda Tahu!


Di dalam smartphone Android pastinya terdapat menu pengaturan yang di dalamnya terdapat sub menu berfungsi untuk mengatur setelan di handphon kita. Seperti mengatur bahasa, tanggal, dan lain sebagainya.

Mungkin diantara kalian sudah ada yang mengetahui bahwa terdapat sebuah opsi pengembang di dalam pengaturan HP Android Kita. Di dalam opsi pengembang terdapat banyak fitur yang hanya diketahui fungsinya oleh developer atau ahlinya.

Daftar isi

Opsi pengembang tidak dapat kalian temukan secara default di pengaturan HP Android kalian. Opsi ini sengaja disembunyikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena kesalahan pengguna. Tapi tenang saja, bagi kalian yang ingin memunculkan opsi pengembang di android. Karena dalam artikel ini juga membahas cara memunculkan opsi pengembang di android.

Di dalam opsi pengembang terdapat berbagai fitur bermanfat yang wajib kalian ketahui dan tentunya perlu dicoba. Berikut ini adalah 4 Fitur Bermanfaat Opsi Pengembang  di HP Android yang bisa Ansa coba. Tapi sebelumnya Kita bahas dulu apa itu opsi pengembang.

Apa Itu Opsi Pengembang (Developer Options)?

Opsi Pengembang atau Opsi Developer adalah salah satu opsi tersembunyi yang ada di pengaturan HP Android yang didalamnya terdapat fitur-fitur yang diperuntukkan secara khuhus untuk para ahli atau yang memahaminya. Hal tersebutlah mengapa opsi ini disebut opsi pengembang

Jika melihat fitur-fitur yang ada didalam opsi pengembang pasti diantara kalian akan kebingungan tentang fungsi dari masing-masing fitur tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya jika belum memahami jangan asal-asalan dalam menggunakan fitur-fitur yang ada.

Karena fitur ini dibuat khusus untuk pengembang yang ahlinya, maka di pengaturan HP Android opsi ini disembunyikan. Sebelum masuk ke fitur-fitur opsi pengembang, mari terlebih dahulu membahasa cara memunculkan opsi pengembang di Android. Nah, untuk memunculkan opsi pengembang di HP Android kalian, silahkan ikuti tutorial yang ada dibawah.

Cara Mengaktifkan/Memunculkan Opsi Pengembang HP Android

Berikut cara memunculkan opsi pengembang di HP Android menurut mediarale

1. Silahkan buka Pengaturan (Settings) pada HP Android Anda.

2. Kemudian cari opsi Tentang Ponsel. Letak opsi Tentang Ponsel masing-masing UI berbeda letaknya. Jadi, silahkan cari.

3. Setelah masuk ke menu Tentang Ponsel, tap sebanyak 7X Versi Perangkat Lunak atau Nomor Build/Bentukan. Pilih salah satunya.

4. Jika berhasil, akan muncul notifikasi "Anda sudah menjadi pengembang".

5. Selainjutnya Anda bisa mencari Opsi Pemgembang atau Opsi Developer di pengaturan HP Anda.

6. Silahkan bukan dan aktifkan untuk menggunakan fitur-fitur yang ada.

Kalian tidak perlu khawatir akan terjadi apa-apa pada HP Android kalian karena mengaktifkan fitur ini. Jika kalian tidak asal-asalan dalam mengatur fitur yang ada, pasti tidak akan terjadi apa-apa pada handphone kalian..

Fitur Bermanfaat di Opsi Pengembang

1. DPI (Lebar Minimum)


Lebar minimum atau lebih dikenal DPI adalah salah satu fitur paling populer yang ada di opsi pengembang HP Android. Fitur ini memungkinkan Kita mengubah tampilan ukuran layar agar terlihat lebih luas. 

Tapi bukan itu alasan DPI banyak diubah oleh para pengguna HP Android. Jika Anda belum tahu, mengubah DPI menjadi lebih besar akan berpengaruh pada tingkat sensitifitas layar saat digeser. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan sensitifitas layar saat sedang bermain game seperti Free Fire, PUBG Mobile, dan lain sebagainya.

Untuk mengubah DPI, silahkan buka opsi pengembang pada HP Anda kemudian atur Lebar Minimum. Untuk tutorial lebih lengkapnya silahkan baca Cara Mengubah DPI HP Android

2. Skala Animasi


Selain menu Lebar Minimum, fitur bermanfaat opsi pengembang lain yang bisa kalian coba adalah Skala Animasi. Menu Skala Animasi berfungsi untuk mengatur kecepatan animasi pada HP Android kalian.

Misalnya saat kalian menarik panel notifikasi, biasanya akan ada animasi sekian detik saat ditarik turun. Nah, jika skala animasi disetting menjadi 0, maka kalian tidak akan melihat animasi lagi saat panel notifikasi tersebut ditarik kebawah. Hal ini membuat HP terlihat lebih ngebut meskipun sebenarnya skala animasi yang ditiadakan.

Terdapat 3 jenis skala animasi di opsi pengembang, yakni Jendela, Skala Animasi Transisi, Skala Animasi Animator. Jika HP Android kalian ingin dibuat seperti ngebut tanpa animasi, maka fitur ini dapat Anda coba. Jika kurang suka, maka sebaiknya tidak usah digunakan.

3. Informasi Penggunaan RAM


Jika kalian ingin melihat informasi penggunaan RAM di HP Android milik kalian, maka di opsi pengembang terdapat fitur bermanfaat yang satu ini.

Kalian dapat mengetahui informasi RAM mulai dari kinerja, total memori RAM, memori RAM yang tersedia, dan aplikasi-aplikasi yang sedang menggunakan RAM. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui aplikasi-aplikasi saja yang memakan RAM banyak. 

4. Membatasi Proses Latar Belakang


Multitasking adalah salah satu hal yang paling sering dilakukan di smartphone. Menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dilatar belakang memang sangat sering Kita lakukan. Proses Latar belakang akan menggunakan RAM serta baterai ekstra.

Oleh karena itu, jika spesifikasi HP Android masih terbilang rendah, maka proses latar belakang sebaiknya tidak dilakukan jika tidak penting.

Nah, di opsi pengembang ini, terdapat fitur yang memungkinkan kalian untuk mengatur jumlah aplikasi yang dapat berjalan dilatar belakang. Dengan demikian, RAM dan baterai akan sedikit lebih hemat.

Untuk cara membatasi proses latar belakang di Android, silahkan masuk ke opsi pengembang HP kalian kemudian atur Batas Proses Latar Belakang sesuai keinginan. Misalnya Kita memilih Maks 2 Proses Latar Belakang, maka hanya 2 aplikasi yang diizinkan berjalan dilatar belakang.

Selain 4 fitur diatas, masih banyak fitur-fitur bermanfaat lain yang ada di opsi pengembang. Kalaupun ingin dibahas semua, tidak akan cukup dibahas satu persatu di dalam artikel ini.

Akhir Kata

Itulah 4 fitur bermanfaat opsi pengembang di HP Android yang perlu kalian ketahui. Fitur-fitur yang ada diatas tidak terlalu beresiko karena kalian juga dapat melakukan perubahan ulang seperti semula seperti DPI dan Skala Animasi. Semoga artikel kali ini bermanfaat.Selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Fitur Bermanfaat Opsi Pengembang di HP Android yang Wajib Anda Tahu! "

Post a Comment