Cara Memasang Adsense di Blogger dan Wordpress 2021

Cara Memasang Adsense di Blogger dan Wordpress 2021

Saat ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan youtube agar bisa menghasilkan passive income. Namun kalian tau gak sih sebenarnya blog juga bisa menghasilkan passive income. Sama dengan youtube, blog dapat mengghasilkan income dari google Adsense, endorse produk, hingga backlink. Namun dalam Artikel ini Bela akan mengulas tentang cara memasang adsense di Blogger dan wordpress.

Daftar isi

Walaupun terlihat mudah, kalian juga tidak bisa asal pasang. Cara memasang  adsense di blogger tergolong sederhana, namun kalian harus benar-benar  memahami cara pemasangannya. Dengan begitu, kalian dapat memperoleh Keuntungan yang lebih maksimal dari Google Adsense. 

Sama seperti youtube, dengan memasang google adsense membuat website atau blog kalian dapat menampilkan iklan. Iklannya sendiri bisa berupa teks, gambar ataupun video. Lalu darimana kita dapat penghasilannya? Kalian memperoleh penghasilan dari pengunjung yang melihat iklan tersebut dan pengunjung yang melakukan klik ke iklan tersebut. Tentunya jumlah penghasilan lebih besar jika ada yang mengklik iklan tersebut. Sudah tertarik belum untuk mencoba memasang adsense ke blog kalian?

Sebelum mengetahui cara memasang adsense di Blogger, alangkah baiknya kalian mengenal terlebih dahulu beberapa beberapa istilah yang berkaitan dengan google adsense. 

Pengertian Google AdSense

Google Adsense merupakan layanan iklan yang disediakan oleh Google yang bisa menampilkan iklan pada youtube, blog atau website, ataupun aplikasi yang kalian miliki. Selain di youtube, ternyata Adsense juga banyak digunakan oleh para blogger dan pembuat aplikasi. Jadi sekali lagi google adsense bukan hanya untuk youtube saja.

Sebenarnya banyak layanan iklan yang bisa di pasang di blog kalian, namun google adsense masih menjadi favorit di kalangan blogger karena layanan iklan ini paling mudah digunakan dan dalam pembayaran adsense tidak pernah gagal bayar.

Komisi atau penghasilan yang diberikan juga cukup besar dibandingkan layanan iklan lainnya. Ya meskipun sebagian orang juga menganggap kominya kecil jika dibandingkan dengan rumitnya persyaratan dan segala ketentuannya yang dimilikinya. 

Kalian tidak bisa langsung memasang iklan di blogger. Kalian harus terlebih dahulu untuk mendaftarkan blog ke google adsense. Setelah itu kalian harus menempelkan kode iklan AdSense yang berupa JavaScript ke blogger kalian untuk dilakukan peninjauan. Setelah blog kalian disetujui, blog kalian sudah bisa untuk menampilkan iklan di website.

Robot Google akan meninjau website kalian apakah pantas atau tidak untuk memperoleh kerjasama adsense. Selain itu fungsi dari peninjauan ini adalah untuk menentukan iklan yang relevan bagi blog kalian. Misalnya website kalian memuat konten tentang masakan, maka google akan menampilkan iklan yang releven, seperti contohnya iklan yang berhubungan dengan masakan atau alat-alat masak. Dengan begini membuat iklan adsense lebih efektif karena pengunjung juga akan tertarik terhadap iklan yang ditampilkan di website tersebut. 

Tipe Penghasilan dari Google Adsense

Sistem kerja dari iklan adsense untuk blog memang cukup menarik. Karena terdapat dua cara untuk menghasilkan uang di Google AdSense. Yaitu Per-impression dan per-click, apa yang dimaksud dari keduanya?

Per Impression diartikan sebagai jenis pembayaran iklan yang berdasarkan pada jumlah page view yang diperoleh setiap bulan. Sedangkan per-click bergantung pada jumlah orang yang mengklik iklan tersebut. Kedua cara di atas merupakan pendapatan yang bisa didapatkan oleh blogger dari adsense.

Ingat! Anda tidak diperbolehkan untuk mengklik iklan kalian sendiri, itu bisa masuk sebagai pelanggaran.

Persyaratan Memasang Adsense

Beberapa hal harus kalian perhatikan sebelum mengaplikasikan pemasangan adsense di Blogger. Karena tidak semua website bisa diterima oleh Google Adsense. Berikut beberapa syarat jika kalian ingin memasang di bloger. 

Kualitas Konten

Jelas, Google tidak akan menerima blog dengan konten duplikasi atau tidak original. Artinya kalian harus membuat konten yang ditulis sendiri syukur-syukur konten kalian berkualitas, dan belum ada yang membahasnya. 

Konten dikatakan berkualitas jika konten tersebut berguna dan bisa memberikan informasi penting untuk para pembacanya. 

Buat Halaman about, contact dan privacy policy

Tunjukkan keseriusan dalam mengelola blog atau website kalian. Salah satunya dengan menyertakan halaman about, contact dan privacy policy sehingga terlihat lebih professional. 

Periksa Konten

Periksa konten kalian apakah melanggar kebijakan dari google adsense atau tidak. Karena Google Adsense tidak menyukai konten yang berkategori porno, tutorial hacking, obat terlarang bahkan konten bajakan. Hindari konten yang seperti itu agar bisa diterima oleh Google AdSense. 

Cara Memasang Adsense Di Blogger

Seperti yang Bela bahas diawal, sebelum memasang Adsense kalian harus mendaftarkan blog kalian ke akun adsense terlebih dahulu. Jika sudah menpatkan kode iklan, silahkan masukan kode tersebut di bawah <head> yang ada di thema kalian. Untuk memasukkan kode tersebut silahkan buka blogger, tema, dan edit html. Setelah itu cari tulisan <head> dengan CTR+F untk mempercepat dan tempel kode tersebut di bawahnya.

Cara untuk mendaftarkannya terbilang cukup dan tidak memerlukan waktu lama. Untuk proses peninjauan, Google akan melakukan pengecekan dan menyetujuinya dalam waktu 3 hari sampai 7 hari atau paling lama selama 14 hati. 

Cara membuat iklan Otomatis di Blogger

Setelah akun adsense disetujui, kalian dapat memasang iklan dengan metode otomatis. Terdapat dua cara untuk pemasangan google adsense secara otomatis. Yang pertama melalui menu blogger dan yang kedua melalui menu google andsen. Untuk cara yang pertama silahkan buka blogger, Penghasilan, dan aktifkan iklan dengan cara tampilkan iklan di blog anda.  Sedangkan untuk cara keduanya kalian bisa mengatur di menu google adsense dengan cara Buka menu iklan dan “izinkan google menempatkan iklan anda” dengan dapatkan code. Untuk lebihjelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Cara Memasang Adsense di Blogger dan Wordpress 2021

Cara membuat iklan Manual di Blogger

Selain itu kalian juga bisa mengatur secara manual dengan cara memulai membuat unit iklan. Berikut cara memasang iklan di blogger secara manual: 

• Masuklah ke dashboard Adsense untuk memilih menu My Ads pada bagian atas. 

• Kemudian pada bagian Ad Units, silahkan klik New Ad Unit. 

• Selanjutnya kalian bisa melakukan pengaturan untuk iklan kalian. Pengaturan ini cukup penting karena bisa menyesuaikan letak iklan pada blog atau website kalian. 

• Khusus untuk pengaturan iklan, kalian bisa mengatur ukuran iklan. ukuran iklan memiliki pengaruh cukup penting karena iklan akan dilihat oleh pengunjung.  Bela lebih mekomendasikan untuk memilih iklan responsive untuk template mobile friendly.

• Kemudian klik tombol Save and get code. Nantinya Halaman Popup akan muncul lengkap dengan kode iklan. 

• Terakhir salin kode yang tampil tersebut dan selanjutnya dipasang pada website atau blog kalian. 

• Setelah itu tempelkan kode iklan dengan cara buka  tata letak, tambahkan widget, tambahkan kode htlm

Jika masih belum mengerti cara mengatur iklannya, kalian bisa menggunakan opsi Bantuan Adsense. 

Cara memasang iklan adsense di Wordpress

Terdapat dua cara yang bisa kalian lakukan untuk memasang google adsense di wordpress. Kalian bisa memasang menggunakan Plugin atau Memasangnya secara manual. Berikut cara keduanya:

Cara memasang adsense di Wordpress Menggunakan Plugin

1. Plugin Google AdSense

Nama lain dari plugin ini adalah Google Publisher yang telah dibuat oleh Google. Plugin ini fungsinya membantu kalian untuk memasang iklan Adsense pada website WordPress. 

Kelebihan dari plugin ini lebih friendly dan menyesuaikan dengan layout mobile. Selain itu bisa membantu Anda untuk lebih cepat ketika mengatur iklan. 

2. Ad Injection

Sedangkan plugin yang kedua ini merupakan pilihan yang bisa kalian gunakan untuk mengintegrasikan iklan Adsense pada blog WordPress. Menarik untuk dicoba, plugin ini memungkinkan kalian untuk memasang iklan dari layanan lain, tidak hanya Adsense. 

Kelebihan lain dari plugin Ad Injection yakni iklan yang tampil bisa diatur berdasarkan panjang postingan, umur hingga alamat IP Visitor. Ditambah lagi bisa secara otomatis memasang iklan tanpa harus memodifikasi postingan. 

3. Ad Inserter

Sebagian blogger menganggap bahwa plugin ini terbilang cukup baik memberikan kinerjanya. Selain bisa membantu memasang iklan Adsense di blog WordPress, bisa juga untuk Amazon. 

Ad Inserter terbukti bisa lebih mudah menampilkan iklan dari berbagai lokasi web. tidak hanya itu, fiturnya juga menarik karena bisa menampilkan iklan tertentu secara otimatis oleh plugin. 

Cara memasang adsense di Wordpress Secara Manual

Selain menggunakan Plugin, kalian juga bisa memasang google adsense di wordpress secara manual melalui widget. Caranya juga tidak terlalu sulit, sehingga kalian bisa mencobanya secara manual.

Cara memasang adsense di Wordpress dengan manual ini tidak mengharuskan Anda untuk menginstall plugin. 

• Pertama, login ke dashboard WordPress kemudian pilih menu Appearance – Widgets. 

• Pilih text, Anda bisa meletakkannya sesuai keinginan. Bisa meletakkannya pada Sidebar atau meletakkannya di bagian lain seperti Footer. Selanjutnya klik Add Widget. 

• Isi bagian Title, seperti Ads dan Conten. Isi menggunakan code iklan Adsense yang Anda miliki. 

• Selesai! Klik tombol Save. 

Kini kalian sudah berhasil memasang Google Adsense pada Blog atau website. Tunggu beberapa saat kemudian refresh kembali blog hingga iklannya muncul. Pastikan konten yang dibuat sesuai target pengunjung yang kalian. Perlu diingat juga bahwa traffic organic bisa  dengan menggunakan kata kunci yang tepat sehingga berpengaruh terhadap iklan.

Akhir Kata

Itulah ulasan lengkap dari Cara memasang adsense di Blogger dan wordpres yang bisa Bela sampaikan. Konten yang sudah dioptimasi untuk mesin pencari bisa menghasilkan income yang lebih besar. Selamat mencoba dan Semoga Berhasil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memasang Adsense di Blogger dan Wordpress 2021"

Post a Comment