Cara Cek BI Checking di HP Android


Cara Cek BI Checking di HP Android

Apakah kalian sedang mencari cara cek BI Checking di hp android? Silahkan perhatikan artikel ini karena Bela akan membagikan cara mendapatkan SLIK OJK online.

Daftar isi

Ketika kalian sedang ingin mengajukan suatu kredit, tentunya kalian harus melewati terlebih dahulu BI Checking. Ya ketika beberapa orang mengasumsikan bahwa BI Checking merupakan penentu apakah kalian layak mendapatkan pengajuan kredit atau tidak. Tentunya jika ingin mengajukan kredit kalian harus memiliki riwayat kredit yang baik dan bersih dari segala pelanggaran. 

BI Checking yang sekarang sudah berganti nama menjadi Sistestem Layanan Informasi kredit, dulunya merupakan sistem Informasi Debitur yang dikelola oleh Bank Indonesia. 

Skala Kolektibilitas Kreditur

Lalu darimana data SLIK itu didapatkan ? Menurut berbagai sumber yang Belajarinfo dapatkan, bahwa data SLIK ini didapatkan dari aktivitas kredit kalian. Setiap debitur akan memili skala kolektibilitas satu hingga lima, Untuk lebih jelasnya seperti berikut:

1. Kol 1 didapat jika kalian dalam riwayat kredit dapat membayar segala kewajibannya tanpa ada pelanggaran atau tunggakan, maka kalian masuk kedalam .

2. Kredit Dalam Perhatian Khusus (DPK) atau Kol 2 Jika selama riwayat Kredit, kalian dalam proses pembayaran hanya melakukan tunggakan selama 1-2 bulan.

3. Kredit Tidak Lancar atau Kol 3 Jika kalian dalam riwayat Kredit pernah mempunyai tunggakan selama 3-4 bulan. Maka kalian masuk dalam kredit tidak lancar

4. Kredit Diragukan atau Kol 4 Jika kalian dalam riwayat Kredit mengalami pembayaran yang tidak lancar dan memasuki jatuh tempo dengan tunggakan lebih dari 5-6 bulan.

5. Kredit Macet atau Kol 5 Kalian akan masuk kol 5 jika kalian memeliki Kredit tidak lancar dengan melakukan tunggakan pembayaran selama lebih dari 6 bulan.

Oleh karena itulah kalian harus mengecek terlebih dahulu BI Checking kalian agar proses pengajuan pinjaman kalian baik itu berupa KPR, KKB, ataupun KTA dapat disetujui. 

Namun proses pengecekan BI Checking tidak mudah. Bahkan sejak tahun kemaren, lebih tepatnya pada tanggal 18 Maret 2020 hingga sekarang pelayanan ofline untuk sistem layanan informasi keuangan (SLIK) atau sebelumnya kita kenal sebagai BI Checking ditutup sementara waktu. Untuk mengganti pelayanan offline yang ditutup sementara, OJK memberikan pelayanan SLIK online. Dengan ini kalian tetap bisa mengajukan SLIK walaupun pelayanan offline ditutup hingga saat ini. 

Namun tenang saja, karena dalam artikel ini juga memuat bagaimana cara cek BI Checking secara online. Sehingga kalian bisa melakukan cek BI Checking di HP Android kalian sendiri. Berikut merupakan cara cek BI Checking secara online yang bisa kalian praktekan menggunakan laptop, iphone ataupun android.

Cara Cek BI Checking (SLIK) Secara Online

Cara Cek BI Checking di HP Android


kalian bisa melakukan cek BI Checking di hp android ataupun di perangkat lainya. Berikut cara cek BI Checking online : 

•Silahkan kalian buka hp android kalian dan pastikan handphone kalian memiliki koneksi internet, baik memakai wifi ataupun thetering teman kalian.

•Buka Browser favorit kalian, entah google crome, safari, ataupun yang lainnya.

•Setelah membuka browser kalian, Silahkan ketik www.ojk.go.id dan pilih menu untuk mengisi formulirnya. Jika kalian ingin lebih cepat, kalian bisa mengunjungi link ini https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi

•Silahkan isi Formulir tersebut dengan baik dan benar dan jangan lupa untuk memilih antrianya. dan Selesai!

Itulah cara cek BI Checking yang bisa kalian lakukan di pc ataupun hp android kalian. Jika kalian masih kebingungan mengisi panduan formulirnya antrian SLIK, berikut panduannya

Panduang Mengisi Antrian SLIK

Cara Cek BI Checking di HP Android

Jika kalian masih bingung dalam pengisian formulir, silahkan lihat panduan disini, dimana panduan tersebut dimuat di website resmi OJK 

Disana terdapat panduannya secara jelas, jadi perhatikan panduan tersebut ketika kalian proses pengisian formulir SLIK.

Sesi Jam Pelayanan BI Checking Online

Seperti halnya Indomaret tidak membuka gerai 24 jam disaat pandemi, Pelayanan antrian Online BI Checking ini juga tidak dibuka selama 24 jam non stop. Ternyata ada jam pelayanan yang wajib kalian perhatikan. OJK membagi sesi pelayanan sebagai berikut:

08:00 – 09:00

09:00 – 10:00

10:00 – 11:00

11:00 – 12:00

13:00 – 14:00

14:00 – 15:00

Akhir Kata

Itulah cara cek BI Checking seacara Online. Dengan begini kalian bisa melakukan cek bi checking dengan hp android kalian. Semoga artikel yang bela sampaikan ini dapat membantu permasalahan kalian. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Cek BI Checking di HP Android"

  1. professorspiders.blogspot.com

    Di salin terus dibuka di google ya teman-teman. Trims

    ReplyDelete