Tips Mudah Mempelajari Coding Langsung Melalui Android


Dengan beragamnya hal-hal yang berkaitan dengan digital di era saat ini, coding merupakan salah satu kemampuan yang akhir-akhir ini mulai banyak dibutuhkan. Terdapat banyak sekali sekolah yang mulai menyediakan pembelajaran coding di kurikulim pembelajarannya. Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi bagi beberapa siswa yang tertarik mempelajari coding. Biasanya pembelajaran coding bisa dilakukan oleh siswa di atas usia 13 tahun. Mengigat mempelajari coding memerlukan tingkat keseriusan yang lebih.

Daftar isi

Selain pembelajaran formal, tersedia juga pembeljaran non formal seperti program seminar ataupun kelas diakhir pekan yang dibuka oleh Lembaga-lembaga Pendidikan. Pembelajaran non formal ini umumnya dibuka untuk orang-orang yang telah bekerja namun tetap mempelajari bahasa pemrograman ataupun coding demi menunjang pekerjaan mereka.

Pengertian Coding

Pengertian coding secara umum yaitu menulis sekumpulan code yang sesuai dengan aturan penulisan atau syntex tergantung dari bahasa pemrograman yang dipakai seperti PHP, Java dan lain-lain dengan bantuan dari teks editor seperti atom, sublime text, notepad dan lain sebagainya. Dengan menguasai coding, apakah kamu bisa memberikan dasar instruksi kepada komputer sesuai dengan tujuan kita membuatnya. Contoh coding yaitu pada saat kita hendak melakukan tulisan code untuk membangun suatu website, aplikasi yang bisa digunakan di Android, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya coding sama dengan mengetik kata di aplikasi pengolah data seperti Microsoft Excel Microsoft Words, dan lain-lain. Hanya saja pada proses coding yang kita ketik merupakan berbagai kode yang berupa bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman atau yang dikenal dengan istilah bahasa komputer merukan suatu standar agar dapat memerintahkan komputer. Bahasa pemrograman inilah yang menjadi suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan suatu program komputer.

Mempelajari Coding di Android

Biasanya orang mempelajari coding melalui PC atau laptop, namun mempelajari coding atau bahasa pemrograman secara langsung melalui smartphone Android saat ini bisa lebih mudah dengan bantuan aplikasi. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi yang bernama Mimo, yaitu aplikasi yang diluncurkan oleh perusahaan asal Austria yang menyediakan tips dan cara belajar code. Dengan menggunakan aplikasi Mimo ini, maka kamu dapat dengan mudah memahami coding, terutama bagi pemula.

Terdapat beragam macam coding atau bahasa pemrograman yang dapat dipelajari melalui aplikasi Mimo, mulai dari CSS, HTML, Python, JavaScript, Java, SQL, C++, Swift, PHP, serta masih banyak lagi. Bukan hanya itu, melalui aplikasi memo yang diunduh di HP Android, kamu bisa dipermudah dalam pembelajaran dengan metode bertahap dari dasar, menengah sampai yang sudah ahli.

Supaya dapat mempelajari coding, yang kamu lakukan hanya langsung mendownload kemudian mengunduh aplikasi Mimo seperti menginstal aplikasi lainnya di Android. Setelah itu kamu bisa memilih tingkatan dalam coding, apabila kamu belum pernah melakukan coding sama sekali, kamu bisa memilih tahapan beginner.

Pada halaman utama aplikasi Mimo, jika kalian sudah berlangganan atau menggunakan versi premium, maka kalian dapat memilih berbagai bahasa pemrograman yang ingin kalian dipelajari. Aplikasi ini nantinya akan memberikan sertifikat khusus apabila kamu telah berhasil menjalankan dan menyelesaikan proyek yang telah kalian buat.  Di Indonesia sendiri, aplikasi Mimo dapat digunakan secara gratis tetapi tentu saja dengan fitur yang cukup terbatas, sehingga kamu akan kurang leluasa dalam mempelajari coding. Supaya kamu dapat mengakses semua fitur aplikasi Mimo secara lengkap, maka kamu dapat berlangganan secara premium. Jika kalian ingin berlanggan di Mimo  secara premium maka kalian akan dikenakan biaya sebesar 79 ribu perbulan, atau dapat berlangganan setahun penuh dengan biaya 299 ribu rupiah. Dengan begitu kamu bisa lebih leluasa dalam mempelajari coding dengan fitur yang lebih lengkap.

Demikianlah tips mudah yang dapat Bela berikan dalam mempelajari coding secara langsung melalui HP Android. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mudah Mempelajari Coding Langsung Melalui Android"

Post a Comment