Cara Mengatasi Baterai Laptop Silang Merah

Cukup wajar jika kondisi kesehatan baterai akan berkurang seiring berjalannya waktu. Selain faktor usia, cara pemakaian baterai juga mempengaruhi kesehatan baterai. Kesehatan baterai yang buruk akan mempengaruhi daya tahan baterai yang tidak akan lama atau sering juga disebut baterai drop atau bocor. 

Cara menghilangkan tanda silang pada baterai laptop

Dalam fitur di Windows terdapat pendeteksi kesehatan baterai yang memburuk. Ketika kesehatan baterai memburuk, kalian akan melihat tanda silang dalam indikator baterainya atau bahkan sampai terdapat tulisan consider replacing your battery. Dimana ketika tulisan ini muncul seharusnya waktu bagi kalian untuk mengganti baterai laptop. Namun jika kalian masih enggan mengeluarkan dana untuk mengganti baterai laptop, berikut cara memperbaiki baterai laptop silang merah 

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Silang Merah

Jika kalian membaca artikel ini, mungkin kondisi kesehatan baterai laptop kalian sedang memburuk. Dimana tedapat tanda silang di baterai kalian atau bahkan terdapat tulisan consider replacing your battery. Maksud dari perintah tulisan tersebuat adalah laptop kalian mendeteksi bahwa sudah waktunya untuk mengganti baterai laptop. Namun bisa juga masalah ini terjadi karena kesalahan notifikasi.

Namun tidak semua orang belum ingin mengganti baterai laptop. Entah karena belum ada dana ataupun belum ada waktu atau bahkan ingin mengecek apakah ada kesalahan dalam penyampaian notifikasi tersebut. 

Bela memiliki cara menghilangkan tanda silang pada baterai laptop agar kalian bisa menggunakan lagi baterai laptop kalian. Berikut cara menghilangkan consider replacing your battery pada laptop.

Daftar isi

Kalibrasi Pada Baterai Laptop

Yang bisa kalian lakukan yang pertama adalah melakukan kalibrasi pada baterai laptop. Pengertian dari kaliberasi laptop sendiri adalah sebuah langkah untuk menormalisasikan baterai kembali agar kapasitas asli baterai dapat terbaca dengan benar oleh sistem.Sehingga presentase baterai kalian terbaca sesuai dengan kapasitas aslinya.

Hal ini perlu dilakukan karena sistem sering melakukan kesalahan dalam membaca kesehatan baterai sehingga muncul tanda silang pada icon baterai dan kalian disarankan untuk mengganti baterai laptopnya. Padahal bisa saja kondisi baterai laptop kalian masih baik-baik saja. Nah dengan kalian melakukan kalibrasi baterai laptop, maka kesalahan tersebut bisa diperbaiki. Berikut cara kaliberasi baterai laptop yang bisa kalian lakukan :

1. Isi daya baterai terlebih dahulu hingga penuh
2. Hidupkan laptop kalian dan masuk kedalam safe mode. Dengan cara menekan tombol F2 atau F8 dalam proses booting. Catatan tiap pabrikan laptop memiliki tombol masuk safe mode berbeda beda.
3. Biarkan laptop menyala dalam keadaan masuk safe mode sampai laptop kalian mati kareba baterai laptop habis  
4. Setelah laptop mati lakukan pengisian daya kembali sampai penuh dengan kondisi laptop mati
5. Setelah terisi penuh, nyalakan laptop kalian dan lihat icon baterai. Jika tanda silang pada icon baterai hilang makan kondisi kesehatan baterai laptop kalian masih baik.

Install Service Pack 1

Jika kalian pengguna windows 7 kalian dapat memperbaiki sistem dengan melakukan installasi service pack 1. Service Pack 1 merupakan sebuah update dari Microsoft untuk windows 7. Berikut cara mengatasi baterai laptop silang merah menggunakan Servivce pack 1 :

1. Lakukan Install Sevice Pack 1 di laptop. 
2. Setelah proses installasi selesai, laptop kalian akan otomatis melakukan restart
3. Setelah proses booting selesai klik indikator baterai yang ada di taskbar, lalu hilangkan tanda centang pada opsi yang bertuliskan “Warn me if my battery may need replacement“.
4. Proses sudah selesai. Sekarang laptop kalian tidak akan muncul tanda silang merah pada logo batrai

Ganti Baterai

Untuk cara terakhir bisa dikatakan yang paling ampuh daripada cara sebelum-belumnya. Jika kalian ingin menghilangkan tanda silang pada baterai maka cara paling ampuh adalah mengganti komponen baterai tersebut. 

Karena dengan munculnya notifikasi tersebut berarti mengindikasikan bahwa baterai laptop kalian sudah waktunya untuk diganti. Biasanya ditandai dengan baterai mudah habis atau baterai drop. Sehingga tidak ada cara lain untuk memperbaiki baterai tersebut. Selain menghilangkan notifikasi, dengan melakukan pergantian baterai juga akan meningkatkan peforma daya baterai kalian.

Demikian cara Bela dalam menghilangkan tanda silang pada baterai laptop. Jika kalian memiliki pertanyaan dan saran silahkan tinggal dikolom komentar. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Baterai Laptop Silang Merah"

Post a Comment