Dark Mode

Benarkah Indonesia Dijajah Selama 350 tahun ?

Di artikel kaliini akan membahas seberapa lama Indonesia pernah dijajah oleh bangsa Belanda. Pasti diantara kalian pernah mendengar bahwa kita pernah dijajah selama 350 tahun. ?  artinya hampir 4 keturan kita pernah merasakan penjajahan bangsa belanda atau kakeknya kakek kita juga merasakan kejamnya masa kolonial bangsa belanda.  Benarkah bangsa belanda melakukan penjajahan selama itu ? Mari kita cek fakta Bersama- sama.


Indonesia tidak dijajah selama 35o tahun


Asumsi bangsa Indonesia dijajah selama 350 tahun bermula dari ucapan gubernur jenderal De Jonge tahun 1930-an, bahwa Belanda telah berkuasa di Hindia Timur sejak hampir 300 tahun yang lalu, dan akan tetap demikian hingga 300 tahun berikutnya. Yang kemudian asumsi ini mulai senter lagi dibicarakan ketika dalam pidato di tahun 1950 bapak prolamator Ir soekarno menyerukan bangsa Indonesia telah dijajah selama 350 tahun. hmmm  Mungkin karena inilah beberapa guru sejarah kita menyatakan Indonesia dijajah selama 350 tahun. Lalu apakah benar kita dijajah selama itu ?

Mari kita coba versi bahwa bangsa Belanda mulai benar benar menjajah pada awal berdirinya serikat dagang belanda atau voc pada tahun 1602. Apabila kita benar benar dijajah selama 350 tahun berarti belanda baru meninggalkan kaki di Indonesia pada tahun 1952. Padahal seperti yang kita tahu bangsa Indonesia merdeka pada tahun 1945 dan terdapat kedudukan bangsa jepang selama 3 tahun pada tahun 1942. Atau kita memakai versi ketika  kakak beradik De Houtman tiba di Banten pada tahun 1596. Tapi itu pun sulit disebut sebagai awal penjajahan Belanda, karena Cornelis de Houtman cuma melakukan penjajakan untuk berdangang rempah rempah. Dan apabila kita menghitungpun bangsa belanda benar benar meninggalkan bagsa Indonesia tahun 1946 dan itupun kita tidak mengitung perpindahan kekuasaan bangsa jepang selama 3 tahun dan bangsa inggris selama 5 tahun.

Awal yang  memulai penjajah sebenarnya bukan negara belanda melainkan  sebuah perusahaan multinasional bernama VOC atau kalua sekarang sepperti google, facebook ataupun perusahaan multinasional lainnya. Selama abad 17 dan 18, Belanda merupakan sebuah negara republik. Ketika VOC mengalami kebangkrutan baru wilayah jajahannya diambil alih oleh Belanda yang masih belum bercorak monarki. Kemudian muncul apa yang disebut interregnum (penguasaan sela) Inggris pada awal abad ke-19 dengan Sir Thomas Stanford Raffles sebagai gubernur jenderal. Pada waktu itu Belanda sendiri juga dijajah oleh Napoleon.

Ketika Belanda mengalami kemerdekaan dari jajahan Prancis dan berubah menjadi negara kerajaan Baru Inggris mengembalikan kembali wilayah Nusantara pada tahun 1813. Sebagai kerajaan, wilayah Belanda masih mencakup wilayah Belgia. Keduanya masih satu kerajaan. Bahkan salah satu gubernur Hindia Belanda pada awal abad ke-19, Leonard du Bus de Gisignies, adalah orang Belgia. Apakah karena ini kita bisa sebut kita juga pernah dijajah Belgia? Dan pada tahun 1830 Belgia baru memperoleh kemerdekaan dari Belanda.

Mungkin semua rakyat Indonesia sepakat bahwa pada masa kolonialisme merupa kenangan buruk bangsa Indonesia. Tetapi apakah kita harus melebih lebihkan sejarah untuk memupuk rasa nasionalisme.

Asumsi bahwa bangsa Indonesia dijajah selama 350 tahun oleh bangsa belanda sebenarnya banyak kesalahan dan ketidak benaran. Tidak ada satu wilayahpun di Indonesia yang benar benar mengalami penjajahan selama 350 tahun. Kita lihat awal kedatangan bangsa belanda di banten pun pada tahun 1596. Dan seperti yang kita bicarakan di awal itupun belum bisa dikatakan penjajahan.

Kalau kita melihat markas besar VOC yaitu kota Maluku dan Banten/Jakarta sebagai markas mengalami penjajahan maksimal selama 340 tahun. Bahkan Belanda baru dapat menguasai Maluku atau Ambon pada 1630,

Setelah itu Belanda bertahap menguasai wilayah-wilayah Nusantara. Bahkan Aceh dan bali baru bisa ditaklukkan pada tahun 1900 an. Aceh baru bisa ditaklukan oleh belanda pada 1904 bahkan Belanda baru bisa sepenuhnya berkuasa pada tahun 1912, dan Bali baru dapat dikuasai pada 1906. Dengan begitu Aceh maksimal dijajah Belanda selama 38 tahun dan Bali selama 36 tahun.

Artinya kita tidak boleh memukul rata kalau kita dijajah selama 350 tahun. Karena dengan hal ini kita bakal salah memahami perjuangan mati matian rakyat aceh dan bali dalam mempertahankan wilayahnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Indonesia Dijajah Selama 350 tahun ? "

Post a Comment