Dark Mode

Alasan Bahasa Inggris Sering digunakan

Bahasa inggris menjadi salah satu Bahasa internasional yang wajib kita pahami. Pernah gak diantara kalian menanyakan  kenapa Bahasa inggris menjadi Bahasa internasional ? Kenapa enggak Bahasa Indonesia, Bahasa jawa atau Bahasa madura sekalipun ? Nah mari kita bahas Bersama sama alasan Bahasa inggris menjadi salah satu Bahasa yang wajib keta pahami.

Alasan bahasa inggris menjadi bahasa internasional

Kalau menurut kalian Bahasa inggris merupakan penutur Bahasa terbanyak, ternyata kalian salah. Menurut perkiraan Listverse Bahasa inggris bukan menjadi penutur Bahasa terbanyak. Bahasa inggris hanya menduduki peringkat 2 untuk penutur Bahasa terbanyak setelah Bahasa mandarin di nomer 1.  Lalu menjadi pertanyaan lagi, kenapa bukan Bahasa mandarin yang digunakan menjadi Bahasa internasional.

Sekedar informasi ternyata Bahasa melayu Indonesia memiliki penutur terbanyak nomer 9 temen-temen. Kita harus bangga tentunya karena ini.

Sebelum kita mencari tahu kenapa Bahasa inggris menjadi Bahasa internasional, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kenapa Bahasa internasional itu diperlukan ? Di dunia ini terdapat banyak suku yang berbeda beda mulai dari suku aborigin, indian dan lain sebagainya. jadi diperlukan satu Bahasa pemersatu yang digunakan untuk saling komunikasi satu sama lain. Nah disinilah fungsi Bahasa internasional. Biar semisal ada orang minang lagi liburan di paris, orang tersebut bisa menggunakan Bahasa internasional untuk  komunikasi dengan warga paris. Walaupun Sebenernya juga bisa orang tersebut menggunakan Bahasa prancis, tapi coba bayangkan semisal orang tersebut hobby traveling ke berbagai negara, harus berapa Bahasa yang ia pelajari. Dengan adanya Bahasa internasional ini bisa mempermudah untuk komunikasi satu sama lain. Tanpa harus mempelajari beribu ribu Bahasa yang ada di dunia ini. Karena itu dengan adanya Bahasa internasional juga mempermudah Kerjasama lintas negara , persebaran dan perkembangan agama, ilmu pengetahuan, dan teknologi.  Ohh Sebenernya Indonesia bisa dikatakan miniatur dunia. Karena apa ? menurut sensus BPS Indonesia memiliki 1340 suku bangsa  dan 718 bahasa daerah. Wah Banyak bukan ? Jika tanpa adanya Bahasa Indonesia kita pasti kesusuhan untuk saling berkomunikasi.

Di PBB ternyata yang digunakan tidak hanya Bahasa inggris doang. Pbb atau United nation memiliki enam bahasa resmi, yaitu Arab, Tionghoa, Inggris, Prancis, Rusia, dan Spanyol yang digunakan dalam pertemuan antar pemerintah, dan pembuatan  dokumen-dokumen.

Empat dari bahasa resmi adalah bahasa nasional dari anggota tetap Dewan Keamanan. Dewan keamanan sendiri terdiri dari Republik Rakyat Tiongkok, Prancis, Rusia, Britania Raya, dan Amerika Serikat. Sedangkan Bahasa Spanyol dan Arab dipilih karena bahasa yang banyak digunakan oleh berbagai negara sebagai Bahasa resminya. Yaitu Spanyol merupakan bahasa resmi di 20 negara, sedangkan Arab di 26 negara.

Pada awal perdirian PPB hanya memiliki Lima bahasa resmi. Kemudian Bahasa Arab ditambahkan  pada tahun 1973. Editorial PBB Manual menyatakan bahwa standar untuk dokumen-dokumen bahasa Inggris adalah menggunakan Bahasa Inggris Britania dengan Ejaan Oxford. Sedangkan standar penulisan Bahasa Tionghoa menggunakan Hanzi sederhana sejak tahun 1971 ketika representasi PBB untuk "Tiongkok" berubah dari Republik Tiongkok ke Republik Rakyat Tiongkok..  Sebelumnya standart penulisan Bahasa tionghoa sendiri menggunakan Hanzi tradisional.

Wahh ternyata tidak hanya Bahasa inggris saja yang cukup penting kita pelajari. Namun setidaknya kita harus mengetahui Bahasa inggris,Dan Inilah beberapa alasan kenapa bahasa inggris begitu penting kita pelajari.


1.      Salah satu Bahasa tertua

Sejak zama romawi kuno diperlukan satu Bahasa yang dapat digunakan untuk komunikasi dengan berbagai orang dengan latar belakang yang berbeda. Hal ini sering disebut sebagai lingua franca.

Pada awalnya setiap wilayah memiliki lingua franca berbeda beda kemudian pada akhirnya inggris disepakati sebagai Bahasa Bersama.

Bahasa inggris juga menjadi salah satu Bahasa tertua yang awal kemunculannya diperkirakan sejak tahun 8 masehi.


2.      Negara penjajah

Siapa sih yang enggak tau kalua inggris penakluk dunia.  Imperium Britania adalah suatu imperium kekuasaan yang terdiri dari wilayah-wilayah koloni, protektorat, mandat, dominion dan wilayah lain yang pernah diperintah atau dikuasai oleh Britania Raya. Imperium Britania dimulai pada akhir abad ke-16 sejalan dengan berkembangnya kekuatan Angkatan Laut Kerajaan Inggris dan merupakan imperium yang paling luas dalam sejarah dunia serta pada suatu periode tertentu pernah menjadi kekuatan utama di dunia. Pada tahun 1922, Imperium Britania mencakup populasi sekitar 458 juta orang atau kurang lebih seperlima dari total populasi dunia pada waktu itu,  dan membentang seluas lebih dari 33700000 km2  atau sekitar seperempat luas total bumi

Pada saat yang sama, tentara, pelaut, dan penjajah yang berbahasa Inggris mengelilingi dunia. Bukan hanya berkeliling, tapi mereka juga menetap di berbagai daerah

Tentunya di era ini Bahasa inggris begitu penting digunakan untuk alat komunikasi. Karena inilah yang membuat penutur Bahasa inggris lebih merata walaupun secara jumlah penurtur masih kalah dengan Bahasa mandarin.


3.      Mudah dipelajari

Bahasa Inggris menjadi salah satu Bahasa yang mudah dipelajari. Bahasa inggris juga menjadi Bahasa yang cukup berkembang. Karena tiap setahunnya Bahasa Inggris mengalami penambahan sekitar 8500 kata pertahun.

Sehingga sekarang banyak orang berkomunikasi memakai Bahasa inggris. Bahkan sudah diajarkan di sekolah sekolah baik formal maupun non formal sekalipun. Dengan tujuan untuk mempermudah berkomunikasi menggunakan Bahasa inggris tentunya.


4.      Dampak Perang dunia pertama

Pada awal tahun 1900 an Bahasa inggris belum sering digunakan seacara meluas seperti sekarang ini. Saat itu Bahasa yang sering digunakan adalah Bahasa jerman  oleh para llmuwan. Setelah perang dunia pertama beberapa ilmuan yang berasal dari belgia, prancis, dan inggris memboikut ilmuwan jerman dan Austria. Mereka tida diperkanankan untuk mempublikasikan karyanya dalam jurnal eropa barat. Bahkan pada kala itu Bahasa jerman juga dianggap sebagai Tindakan criminal di 23 negara. Masayarakat tidak di bolehkan berbicara Bahasa jerman di depan umum. 


5.     Munculnya amerika serikat sebagai negara super power di abad 20

Seperti yang kalian tau Bahasa resmi yang digunakan oleh amerika serikat merupakan Bahasa inggris.  Dengan menjadinya amerika sebagai negara superpower juga berdampak dalam pentingnya Bahasa inggris digunakan sebagai Bahasa internasional. Selain itu Amerika juga memiliki perusahaan multinasional yang cukup banyak dan tersebar di berbagai negara. Dengan keberadaan perusahaan perusaahan ini juga menuntut penduduk local yang bekerja ataupun ingin bekerja di perusahaan ini untuk mengusai Bahasa inggris tentunya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alasan Bahasa Inggris Sering digunakan"

Post a Comment