Cara Buat Vote di WA (Grup Whatsapp) Terbaru

 WhatsApp merupakan aplikas sosial media gratis yang para penggunanya dapat saling bertukar pesan atau melakukan panggilan selama terhubung dengan internet. Bahkan dengan fitur yang ditawarkan ini, WhatsApp dapat menggeser fitur sms dan telefon yang sudah ada sebelum boomingnya internet.

Sebenarnya aplikasi messenger cukup banyak seperti, line, telegram, we chat dan lain sebagainya. Namun WhatsApp mampu bersaing dengan aplikasi tersebut. Hal ini bukan tanpa alasan, WhatsApp dirasa mampu menghadirkan fitur yang serasa dibutuhkan saja. Jadi karena inilah WA secara interface lebih sederhana dan mudah dipakai oleh semua kalangan.

Topik

Terbaru WhatsApp mengelurkan fitur yang mana kalian beserta anggota grup lainnya dapat melakukan vote untuk mencari suara terbanyak. Cara buat vote di WA juga cukup mudah sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja.

Panambahan fitur di Whastapp memang tidak mengagetkan, mengingat aplikasi ini selalu memperbarui fiturnya demi kenyamanan para penggunya. Apalagi WA juga termasuk jarang sekali mengalami gangguan. Karena ini banyak sekali orang menngunakan WhatsApp untuk keperluan personal ataupun bisnis. Sehingga di era sekarang cukup jarang sekali menemukan orang yang tidak memiliki akun WA.

Fitur Vote di WA

Whatsapp awalnya hanya sebuah aplikasi berbagi pesan saja. Namun lambat laun aplikasi WA ini memperbarui fitur-fitur yang ada seperti menambah fitur stiker, dengan fitur ini membuat obrolan pesan menjadi lebih seru karena dapat mengekspresikan sebuah tulisan.

Kemudian WhatsApp.mengeluarkan fitur yang tidak hanya untuk berbagi pesan saja, ia mengeluarkan vitur voice note dan video call. Dengan fitur ini para penggunanya bisa mengirim suara dan melakukan panggilan video, dan sejak diakuisisi oleh facebook whatsapp menambah fitur lagi yaitu fitur story atau status.

Setelah cukup lumayan lama WA tidak membuat pembaruan yang signifikan, terbaru WhatsApp mengeluarkan fitur vote. Dimana para penggunanya bisa melakukan jajak pendapat atau vote di grup WhatsApp. Fitur vote di wa ini harapanya memudahkan para penggunana untuk mengambil keputusan yang melibatkan orang banyak.

Seperti yang kalian ketahui juga, di grup WA, entah grup kerjaan atau keluarga pasti terdapat suatu kondisi dimana kesulitan mengambil keputusan, apalagi yang keputusan tersebut melibatkan orang banyak. Nah dengan fitur vote di WA ini pastinya masalah itu mudah teratasinya.

Namun jika boleh membandingkan fitur vote di WhatsApp agak terlambat jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Mengingat fitur Vote ini sudah ada di Telegram lebih dulu. Walaupun fitur vote terbilang tidak terlalu baru, fitur ini  masih membuat bingung para penggunanya. 

Jika kalian mengalami masalah ini tidak perlu gusar. Karena Bela akan menjelaskan secara detail dan langsung saja, berikut cara buat vote di WA dengan mudah.

Cara Membuat Vote di WA Grup Menggunakan Fitur Bawaan

Seperti yang Bela bahas tadi, di aplikasi WhatsApp terdapat fitur baru yang bernama fitur vote. Jadi dengan aplikasi WA kalian sudah bisa langsung melakukkan poling atau jajak pendapat di grup WA kalian. Tentu saja Aplikasi WhatsApp harus terbaru ya.

Berikut cara buat vote di WA Android ataupun Iphone:

  1. Buka aplikasi Whatsapp kalian. Pastikan aplikasi tersebut sudah versi terbaru.
  2. Cari dan buka grup WA yang ingin kalian bikin vote. 
  3. Tekan icon + di sebelah kolom ketikan dan pilih opsi Poll.
  4. Buat pertanyaan atau judul vote yang akan kalian buat.
  5. Buat opsi pilihan jawaban apa saja yang dibuat polling.
  6. Jika opsi serasa kurang kalian dapat menambahkan dengan cara tap bagian add.
  7. Jika sudah silahkan tekan tombol send yang ada di pojok kanan atas. maka vote tersebut akan dikirim di wa grup kalian. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat gambar dibawah ini.

Vote yang telah kalian buat tersebut sudah ada di grup sebagai pesan. Namun para pengguna lain dapat memilih opsi pilihan yang kalian buat tadi dan langsung muncul presentase jumlah suaranya. Dengan begini maka akan kelihatan mana opsi pilihan yang memiliki suara terbanyak.

Selain menampilkan jumlah suara, hasil vote di wa juga menampilkan siapa saja yang memilih opsi pilihan tersebut. Jadi ini bersifat voting terbuka ya. Selain menggunakan aplikasi WhatsApp, ternyata kalian juga bisa buat vote di WA Web penasaran bukan. 

Berikut cara buat vote di WA Web:

  1. Buka Wa web di dekstop kalian atau kalian bisa klik disini.
  2. Cari Dan buka grup WA yang akan kalian buat vote.
  3. klik icon lampiran yang ada di sebelah kiri kolom ketikan.
  4. Klik icon polling dan buat pertanyaan beserta opsi jawabannya.
  5. Setelah selesai membuat vote tersebut, silakan klik send untuk mengirimnya.

Cara buat Vote di WA dengan Reaksi

Cara ini sebenarnya cara usang yang dipilih para pengguna WhatsApp sebelum fitur vote ada di WA. Cara ini manfaatkan fitur reaksi emote yang didapat dari anggota grup lainnya. Jadi pesam yang memiliki reaksi emote terbanyak, maka itu yang menang. Langsung saja berikut cara buat vote di WhatsApp menggunakan reaksi emote:

  • Buka aplikasi Whatsapp yang ada di smartphone kalian.
  • Cari dan buka grup yang akan kalian buatkan polling.
  • Silahkan buat pertanyaan beserta opsi jawabannya dengan dikirim sendiri-sendiri ya.
  • Silahkan minta anggota grup untuk mereaksi dengan emote jempol di opsi jawaban yang dipilihnya.

Pesan yang memiliki emote terbanyak berarti mendapatkan respon terbanyak. Namun membuat vote di WA menggunakan fitur ini sudah banyak ditinggalkan. Selain sudah ada fitur tersendiri, membuat vote di WhatsApp memakai reaksi emote dapat membuat rancu. Misalnya terdapat anggota yang mengirim reaksi emote yang berbeda.

Cara Membuat Vote di WA menggunakakan PollTime

Selain kalian bisa membuat polling langsung dari aplikasi WA, kalian juga bisa menggunakan bantuan dari website pihak ketiga yang bernama PollTime. Langsung saja berikut cara membuat vote di WhatsApp menggunakan website PollTime.

  • Buka browser kalian dan ketik strawpoll.com
  • Buat pertanyaan beserta jawaban di kolom yang telah tersedia.
  • Jika sudah silahkan Creat poll. Maka kalian akan melihat link yang akan kalian bagikan.

Cara ini hampir sama dengan cara yang kedua, terkesan merepotkan. Bahkan tak jarang polling online ini berubah alamat websitenya. Jadi kalau boleh Bela nyaranin, alangkah baiknya kalian menggunakan cara pertama utuk buat vote di WA grup. 

Cara Bikin Vote di WA yang Tepat

Jika sebelumnya Bela sudah menjelaskan untuk cara bikin vote di WA, alangkah baiknya kalian juga memahami cara bikin polling di WA agar sesuai dengan jawaban yang kalian inginkan. Karena biasanya jika kalian belum pernah bikan vote di grup wa, maka pertanyaan atau jawaban yang dihasilkan sedikit rancu. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti cara dibawah ini

  • Silahkan buat rules ke anggota grup wa kalian dan kasih tenggat waktu dalam menjawab voting.
  • Kedua kalian juga harus memberi tau bahwa disaat tenggat waktu telah habis, maka jawaban terbanyak adalah keputusannya. Keputusan bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Buatlah pertanyaan yang singkat dan jelas agar anggota grup lainnya tidak bingung.
  • Buatlah opsi yang selaras dengan pertanyaan tadi. Usahakan jangan bertele-tele dan langsung ke poin intinya.

Jika kalian mengikuti langkah-langkah tadi, sangat kecil kemungkinan terjadi perdebataan saat dilakukannya voting di wa grup. Dengan menggunakan voting WA maka akan membuat grup menjadi lebih hidup dan keputusan diambil secara bersama-sama. Dengan begini menimalisir perdebatan akibat disaat pengambilan vote di wa.

Nah sampai juga di ujung artikel ini, itulah tadi cara buat vote di wa beserta informasi lainnya yang bisa membantu kalian dalam proses polling di grup. Jika kamu masih kebingungan, jangan malu untuk tanya di kolom komentar ya. Selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Buat Vote di WA (Grup Whatsapp) Terbaru"

Post a Comment