Cara Menghasilkan Foto Bagus di Smartphone Android

Saat ini kebutuhan fotografi sudah dapat terpenuhi hanya dengan sebuah smartphone Android. Hal ini disebabkan karena beberapa brand smartphone sudah menyematkan konfigurasi lensa kamera Android yang cukup baik. Bahkan beberapa perusahaan smartphone mengeluarkan produk hp yang memiliki kelebihan khusus dalam segi kamera. Dengan hal ini menjadikan produk handphone tersebut memiliki kameranya yang cukup bagus dengan fitur-fitur tambahan yang bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya untuk kegiatan fotografi.

Cara menghasilkan foto bagus di anndroid


Dengan fitur-fitur yang tersebut, para penggun dapat dengan mudah membidik sebuah objek tanpa harus mengatur sedemikian rupa seperti ketika menggunakan kamera DSLR.

Daftar isi

Walaupun demikian, Dengan adanya fitur-fitur tersebut belum menjamin menghasilkan foto yang maksimal. Terdapat beberapa Teknik pengambilan foto yang perlu kalian ketahui supaya mampu menghasilkan foto layaknya seorang fotografer profesional. Namun bagi kalian yang awam dengan dunia fotografi tak perlu khawatir.  Karena dalam artikel ini Bela akan mengulas tips-tips dalam memaksimalkan fitur fotografi di smartphone Android supaya bisa menghasilkan hasil foto seperti  fotografer professional.

Cara Menghasilkan Foto yang Bagus

Dengan sudah didukungnya kamera yang cukup bagus di smartphone kalian, tentunya akan lebih baik jika kalian mengetahui dua teknik dasar dalam pengambilan foto. Dua Teknik dasar pengambilan foto ini cukup penting, baik untuk pengambilan foto menggunakan kamera Android ataupun kamera DSLR sekalipun. Berikut beberapa Teknik dasar dalam pengambilan foto.

Mengenali Objek

Pertama-tama kalian perlu mengetahui objek apa yang ingin diabadikan. Apalagi pada setiap objek pastinya mempunyai sudut pandang sendiri yang bisa menimbulkan nilai estetik yang berbeda tiap sisinya. Pastikan kalian mencari sisi terbaik dengan mencoba pengambilan foto di setiap sisinya.

Memperhatikan Arah Cahaya

Dalam pengambilan sebuah foto terdapat unsur cahaya yang tak boleh dianggap sepele. Terutama apabila kalian tidak menggunakan alat pencahayaan tambahan. Dalam kondisi seperti ini, kalian hanya bisa memanfaatkan cahaya alami dan cahaya dari lampu  LED Flash pada smartphone Android kalian. Bukan hanya itu saja, kalian juga perlu memperhatikan arah datangnya cahaya supaya gambar tidak membelakangi cahaya.

Setelah mengenali dua Teknik dasar dalam pengambilan foto, berikut Bela akan membahas berbagai fitur tambahan yang terdapat di beberapa smartphone Android.

Mengenali Fitur Fotografi di Smartphone Android

Setelah  kalian mengetahui 2 teknik dasar dalam pengambilan foto, selanjutnya kalian juga perlu mengenali fitur-fitur penunjang fotografi yang ada di dalam smartphone Android kalian, dalam hal ini Bela akan membahas fitur fotografi yang terdapat di Oppo Reno 4 F atau mungkin terdapat juga pada smartphone kailian. Berikut  beberapa  fitur penunjang  untuk menghasilkan foto yang bagus:

AI color portrait

AI (Artificial Intelligence) color portrait mode adalah fitur yang mampu mendukung fungsi pengisolasian warna pada hasil gambar. Fitur tersebut akan membuat background foto menjadi hitam putih, namun objek yang ada dalam foto tersebut tetap berwarna. Dengan menerapkan AI (Artificial Intelligence) color portrait akan menghasilkan foto yang menampilkan kontras dan warna yang cukup jelas sehingga hasil bidikan foto kalian akan terlihat lebih keren dan kekinian.

AI flare portrait

AI flare portrait merupakan fitur  khusus yang diberikan oleh oppo dimana yang mereka mampu menkombinasikan antara efek bokeh dengan algoritma lowlight-HDR untuk menghasilkan foto yang neon nan artistik . Dengan menggunakan fitur ini, hasil foto dapat tetap cerah walaupun memimiliki pencahayaan yang rendah dan background foto yang kalian hasilkan bisa menjadi bokeh. Efek ini akan terlihat hasilnya pada saat pengambilan foto dilakukan di tempat yang terdapat kelap kelip lampu perkotaan sehingga membuat objek foto tampil lebih cerah.

Selfie Gestures

Ketika mengambil gambar swafoto tanpa memakai alat bantu memang cukup merepotkan. Terutama pada saat menekan tombol shutter di layar yang biasanya bisa menyebabkan potensi guncangan pada saat berfoto. Dengan memanfaatkan fitur selfie gestures, kalian cukup dengan menggerakan telapak tangan ke arah kamera dan kamera membaca perintah tersebut untuk mengambil swafoto.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian manfaatkan untuk memaksimalkan fitur fotografi pada smartphone Android. Selamat mencoba.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghasilkan Foto Bagus di Smartphone Android"

Post a Comment