Cara Memperbaiki Mouse Wireless Tidak Berfungsi

Mouse Wirelees atau sering disebut juga mouse bluetooth cukup banyak diminati di pasaran. Hal ini cukup wajar, dengan tidak adanya kabel membuat mouse wireless menawarkan kepraktisan dan kerapian. Dengan cara ini membuat para pengguna mouse dapat meperbaiki nilai kerapian yang menjadi kelemahan dari mouse kabel. 



Selain berfungsi nilai kerapian, mouse wireless juga memiliki fungsi ke praktisan. Dengan memakai mouse bluetooth membuat para penggunanya dapat leluasa untuk menggerakan mouse tanpa dibatasi oleh kabel. 

Untuk harganya sendiri mouse bluetooth ini bisa dikatakan tidak mahal. Mouse bluetooth ini dibanderol mulai harga puluhan ribu hingga ratusan ribu. Bahkan dengan uang tiga puluh ribu rupiah saja sudah bisa membeli mouse wirelles di market place kesayangan kalian. 

Seacara kegunaan mouse wirelles dan mouse biasa tidak ada perbedaan. Tetapi yang membedaan antara mouse wireless dengan mouse biasa adalah terdapat perangkat yang berfungsi sebagai receiver (penerima) dan transmitter (pemancar) di mouse wireless. Receiver akan diperankan oleh dongle yang dihubungkan keport USB komputer atau laptop (biasanya berbentuk kotak kecil) dan untuk transmiter diperankan oleh mouse itu sendiri. 

Mouse wireless memiliki sistem kerja, ketika mouse digerakkan maka sensor yang ada di mouse akan mengirimkan sinyal ke dongle. Tentunya dogle harus telah dihubungkan di port USB komputer atau laptop kalian.

Daftar isi

 

Dengan berbagai kemudahan dan kelebihan mouse wireless juga memiliki kekurangan. Salah satunya jika mouse tidak berfungsi pasti bingung cara memperbaiki. Jika mouse biasa, permasalahan yang sering mucul adalah terjadinya trouble di kabel mouse tersebut. Namun karene mouse wireless tidak memiliki kabel maka akan jauh lebih bingung untuk memperbaiki jika tiba-tiba terjadi permasalahan.  Walaupun dengan tidak adanya kabel tersebut membuat mouse jauh lebih awet daripada mouse biasa.

Mouse wireless jika tidak berfungsi bisa diakibatkan beberapa hal. Jadi sebelum kalian mengganti mouse tersebut alangkah baiknya kalian melakukan berbagai cara memperbaiki mouse wireless yang tidak berfungsi.

Aktifkan Mouse

Ini salah satu cara yang wajib kalian coba terlebih dahulu. Walaupun terlihat sepele, ternyata banyak orang yang lupa menyalakan mouse tersebut. Untuk tombol on off biasanya terletak di samping mouse ataupun di belakang mouse.

Lepaskan Dogle dan Baterai Mouse

Untuk cara ini wajib kalian coba pertama kali jika kalian sudah mengaktifkan mouse kalian. Jadi kalian hanya perlu mencabut dogle dan baterai setelah itu pasang kembali. 

Ganti Baterai Mouse

Terkadang baterai mouse telah habis walaupun lampu mouse nyala. Untuk cara memperbaiki lampu mouse menyala namun mouse tidak berfungsi adalah dengan ganti baterai. Terkadang orang bersikekeh bahwa baterai masih ada karena lampu mouse masih menyala. Padahal daya baterai mouse tersebut  hanya kuat untuk mengangkat daya lampu saja. Jadi yang harus kalian lakukan jika mouse tidak berfungsi adalah ganti baterai terlebih dahulu. 

Install atau Update Driver Mouse Wireless

Cek terlebih dahulu apakah driver sudah terinstall atau terdapat updatean untuk drivenya. Karena jika driver mouse wireless bermasalah akan mengakibatkan permasalahan terhadap mouse tersebut. 

Untuk cara meriksanya adalah dengan melihat di Device Manager dan pilih Mice and other pointing devices. Jika driver mouse bermasalah makan akan muncul logo tanda seru berwarna kuning. 

Jika driver bermasalah, kalian hanya perlu melakukan install ulang atau melakukan updatean jika diperintahkan untuk update driver.

Pindahkan Dogle ke Port USB Lainnya

Kalian cukup memindahkan port dogle ke port USB lainya. Barangkali tidak berfungsinya mouse bluetooth kalian diakibatkan oleh port usb yang rusak.

Kesimpulan

Itulah cara memperbaiki mouse wireless yang bisa kalian coba. Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua. Selamat mencoba.   

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbaiki Mouse Wireless Tidak Berfungsi"

Post a Comment