5 Tanda Laptop Minta Ganti RAM

Kerusakan RAM laptop merupakan salah satu hal yang wajar dan cukup sering terjadi. Walaupun sebelumnya laptop kalian baik-baik saja, bisa saja tiba tiba RAM laptop kalian terjadi kerusakan.

ciri laptop harus upgrade ram

Sebenernya laptop kalian sudah memberikan gejala gejala namun kalian gagal menangkap kode yang diberikan laptop kalian, jadi kalian menganggap bahwa keadaan laptop sehat-sehat saja. Atau juga bisa laptop kalian sudah mengirim sinyal, namun kalian menganggap bahwa itu hal yang lumrah terjadi sehingga laptop atau pc kalian tiba-tiba rusak. 

Padahal, jika kalian dapat menangkap sinyal tersebut kalian bisa mengganti atau upgrade RAM terlebih dahulu sebelum laptop kalian benar-benar rusak. Jadi tidak menghambat pekerjaan kalian.  

Berikut ciri-ciri yang dikirimkan laptop agar kalian segera melakukan upgrade RAM :

1. Laptop Gampang Panas Berlebih

Laptop gampang panas biasanya terjadi karena umur laptop yang sudah tua dan terdapat beberapa komponen yang diguakan secara paksakan , salah satunya RAM. Dalam komputer atau laptop, RAM sendiri berfungsi untuk mempercepat kinerja pemprosesan irformasi dari laptop atau komputer kalian. Nah, semakin lama kalian menggunakan laptop tentunya kalian mempunyai banyak data atau aplikasi yang dijalankan. Nah disini yang menentukan adalah RAM kalian.

Salah satu tanda laptop kalian membutuhkan tenaga tambahan RAM adalah laptop kalian gampang panas berlebih walaupun kalian hanya menjalankan aplikasi yang cukup terbilang enteng. seperti, ms office ataupun hanya kalian gunakan untuk browsing saja. Jadi kalian disarankan untuk melakukan upgrade RAM.

2. Laptop Menjadi Lemot

Selain laptop kalian mengeluarkan panas berlebih, salah satu tanda laptop kalian memerlukan tambahan tenaga adalah laptop kalian lebih lemot dibandingkan saat kalian pertama membeli. Mulai dari laptop lama saat membuka aplikasi, kursor bergerak macet-macet, hingga sering terjadi not responding. Itu ciri-ciri yang dikirim laptop untuk meminta tenaga tambahan dengan cara upgrade RAM.

Kalian bisa memastikan dengan cara membuka performancae dengan cara Task Manager > Performance. Jika RAM penuh maka kalian harus menambahkan RAM atau jika RAM terisi sebagian dan laptop masih lemot berarti kalian harus melakukan pergantian karena RAM kalian terjadi kerusakan.

3. Grafis Patah-Patah

Di era sekarang semua aplikasi terdapat spesifikasi minimal yang dicantumkan oleh pihak developer aplikasi tersebut. Namun tak sedikit dari kita mengabaikan ini dan lebih memaksakan untuk menjalankan aplikasi tersebut. Sehingga berdampak pada laptop yang gampang panas dan grafis patah-patah. Walaupun salah satu faktor utama grafis patah-patah adalah VGA, RAM juga menjadi salah satu faktor yang bisa mengakibatkan grafis kalian patah-patah. 

Jadi bagi kalian yang ingin menginstall aplikasi, jangan lupa untuk memastikan spesifikasi laptop kalian sudah mendukung atau belum.dan jika kalian tetap ingin menginstall aplikasi tersebut, alangkah baiknya kaian melakukan upgrade laptop yang sesuai spesifikasi yang disarankan oleh pihak developer tersebut. 

4. Multitasking Bermasalah 

Untuk mendukung suatu pekerjaan, biasanya pengguna laptop menjalankan beberapa program sekaligus. Misalnya, kalian sedang melakukan editing video di adobe premier pro, kalian juga melakukan editing di adobe after effect.

Salah satu sinyal yang dikirim oleh laptop ketika multitasking bermasalah adalah tiba tiba kursor menjadi lebih lambat atau bahkan salah satu program tersebut keluar sendiri. Jadi laptop memerlukan tenaga tambahan untuk menjalankan program tersebut. Dalam hal ini adalah melakukan upgrade RAM

5. Crash

Crash progam atau progam tiba tiba tertutup juga cukup sering terjadi. Salah satu solusi yang bisa kalian lakukan apabila terjadi kejadian seperti ini adalah uninstall program tersebut. Apabila kalian tidak ingin melakukan uninstall program tersebut, jalan satu-satunya hanya menambah RAM. Walaupun kalian mencoba membuka program tersebut kembali, cepat atau lambat crash program akan tetap terjadi dan tentunya ini sangat mengganggu pekerjaan kalian. Jadi solusinya hanya upgrade RAM agar kalian bisa leluasa dalam menjalan program tersebut. 

Itulah berbagai tanda-tanda laptop sudah saatnya menambah RAM yang harus kalian pahami agar tidak menghambat pekerjaan kalian.  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tanda Laptop Minta Ganti RAM"

Post a Comment