Cara Mengecek Kapasitas Maksimal Ram Laptop

Bagi pengguna laptop yang meningkatkan peforma laptop, melakukan upgrade RAM menjadi salah satu opsi selain menggati HDD menjadi SSD. Dengan harga mulai 70 ribuan tentunya upgrade RAM lebih banyak dilakukkan oleh para pengguna laptop. 

Bagi kalian yang bingung menentukan kapan waktunya laptop mengupgrade RAM bisa baca disini

Perlu kalian ketahui bahwa melakukan upgrade RAM tidak bisa dilakukan asal-asalan. Kalian harus memperhatikan jenis ram, dan speed ram yang support di laptop kalian. Karena walaupun harga RAM yang cukup terjangkau, sangat disayangkan apabila RAM tidak bisa digunakan. Pada artikel ini kami akan membahas cara mengetahui kapasitas maksimal RAM laptop, dan jenis RAM yang cocok dengan motherboard laptop kalian. 

cara mengetahui Ram maksimal laptop

Sebelum melakukan upgrade RAM, kalian harus memperhatikan OS Windows yang kalian pakai. Karena setiap windows memiliki batasan RAM, sehingga apabila kalian memasang RAM melebihi kapasitas maksimal windows, maka dapat dipastikan sisa RAM tersebut tidak bisa dipakai. Jika kalian memakai windows 32 bit, maka hanya bisa mendukung kapasita RAM maksimal sebesar 4 gb. Sedangkan jika kalian memakai windows 64 bit, maka bisa mendukung kapasitas RAM maksimal hingga 128 gb. Untuk melihat berapa bit os windows kalian bisa dilihat dengan cara tulis di kolom serch "windows edition" maka telihat versi windows yang kalian gunakan. 

cara mengecek ram maksimal laptop


Ingat tadi itu hanya melihat OS kalian support dengan kapasitas RAM maksimal berapa saja. Jadi cara tadi bukan untuk melihat kapasitas maksimal RAM laptop. 

Selain OS windows yang tidak kalah penting dalam menentukan kapasitas maksimal RAM laptop adalah spesifikasi dan tipe motherboard laptop kalian. Selain menentukan kapasitas maksimal hal ini juga menentukan jenis RAM yang digunakan. Contoh jika motherboard di laptop kalian ada satu slot memori maka kalian harus mengganti RAM laptop lama dengan yang baru. Namun jika terdapat 2 slot, kalian tidak perlu membuang RAM lama cukup kalian tambahkan saja RAM baru semisal RAM lama 4gb jika kalian membeli RAM 4gb maka RAM laptop kalian sekarang menjadi 8gb . Perlu digaris bawahi, penggantian RAM harus menggunakan RAM sejenis.

Untuk cara melihat slot laptop bisa dilihat disini. 

Setelah kalian mengetahui slot laptop kalian juga harus mengetahui jenis RAM yang laptop kalian gunakan. Kalian bisa melihat dengan cara mengisntall aplikasi CPUZ dan lihat di menu memori. Atau lebih jelasnya seperti gambar dibawah ini.

cek ram maksimal pada laptop

Kalian harus membeli jenis laptop yang sejenis. Karena jika tidak sejenis maka laptop tidak akan mendeteksi RAM yang kalian pasang. Contoh jika laptop kalian menggunakan DDR3 kalian harus mengganti atau menambah RAM deng jenis DDR3 juga.

Setelah mengeteahui jenis RAM dan slot laptop kalian juga perlu mengecek kapasitas maksimal RAM laptop. Berikut cara mengecek kapasitas maksimal RAM laptop.

Cara Mengetahui Kapasitas Maksimal RAM Laptop

Umumnya untuk mengetahui kapasitas maksimal RAM kalian harus membongkar laptop atau memeriksa manual book untuk mengetahui tipe motherboad. Tapi cara tersebut terlalu rumit, jadi kalian bisa menggunakan cara mengecek kapasitas maksimal ram laptop dengan menggunakan bantuan website ketiga. Salah satu website yang bisa kalian gunakan adalalah website dari crucial. Berikut cara mengetahui kapasita maksimal RAM laptop menggunakan website crucial. 

1. Buka website crucial www.crucial.com

2. pilih menu Memory 

3. Pilih merek laptop misalnya Asus

4. Lihat di bagian select my Asus

5. Isilah formulir yang tersedia mengenai pembuatan, jenis, dan model produk. Untuk mengisi ini kalian wajib mengetahui merek, jenis laptop, dan model motherboard. atau kalian dapat melihatnya dari label yang terdapat di laptop, manual book, ataupun aplikasi perangkat lunak. Jika kalian tidak mengetahui spek laptop yang kalian punya, kalian bisa melihat cara kedua.

6. Setelah mendapatkan informasi tentang model Motherboard PC/Laptop yang akan dicek, masuk ke bagian form yang disediakan oleh Crucial

7. Klik  Find Upgrade

8. Kalian sudah dapat melihat kapasitas maksimal RAM yang dapat digunakan untuk perangkat laptop yang kalian gunakan.

cara mengecek ram maksimal laptop

Untuk cara kedua terbilang cukup mudah dengan cara ketik type laptop anda dengan tambahan tulisan upgarde RAM lalu pilih website Crucial. untuk contohnya saya mengguakan laptop scer aspire e1-470. Jadi saya tinggal menuliskan upgrade ram atau lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah



Itulah cara mengecek kapasitas maksimal ram laptop, sangat mudah bukan. Selamat mencoba


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengecek Kapasitas Maksimal Ram Laptop"

Post a Comment