Bagaimana cara monetisasi youtube ?




Artikel ini memberikan ringkasan fitur apa saja yang tersedia , bagaimana kriteria untuk bergabung dengan Program Partner YouTube (YPP), Checklist pengajuan serta beberapa terkait pertanyaan Umum (FAQ). Dengan adanya Program Partner YouTube (YPP), para konten creator dapat mengakses lebih banyak referrensi serta fitur YouTube.

Syarat kelayakan minimum bergabung

1.       Berdomisili di wilayah atau Negara yang tersedia Program Partner Youtube
2.       Memiliki lebih dari 1.000 subscriber
3.       Memiliki akun AdSense yang ditautkan
4.       Memiliki lebih dari 4.000 jam atau 240000 menit untuk waktu tonton public yang valid dalam kurun waktu 12 bulan terakhir
5.       Patuhilah semua kebijakan monetisasi oleh YouTube
Kebijakan ini merupakan kumpulan kebijakan yang memungkinkan anda melakukan monetisasi pada YouTube.

Checklist pengajuan program partner YouTube
Syarat untuk mengajukan permohonan untuk bergabung dengan YPP adalah memenuhi jumlah minimum, tetapi anda juga wajib memenuhi pedoman dari YouTube agar dapat di pertimbangkan. Hal ini bertujuan untuk mengarahkan anda menyelesikan proses pengajuannya.

1.      Anda harus memastikan channel anda mematuhi kebijakan serta pedoman YouTube
Untuk mengajukan permohonan, anda harus melewati proses peninjauan untuk memeriksa dan memastikan channel anda memenuhi kebijakan dan pedoman. Channel yang diterima adalah yang memenuhi kebijakan dan pedoman dari YouTube. Channel yang sudah bergabung akan terus dipantau agar selalu memenuhi kebijakan dan pedoman.

2.       Memiliki minimal 1.000 subscriber dan 4.000 waktu tonton publik yang sesuai
Ketika channel anda berhasil mencapai minimum ini , anda biasanya memiliki konten yang cukup banyak. Hal ini membantu YouTube untuk membuat keputusan terkait apakah channel yang anda miliki kebijakan dan pedoman yang sesuai.

3.       Setujui persyaratan menjadi YPP
Yang dapat anda lakukan adalah meminta diberi tahu ketika anda mencapai jumlah minimum subscriber serta jam waktu tonton publiknya. Ketika sudah mememnuhi jumlah minimum, ikuti langkah berikut ini :
a.       Login ke YouTube
b.       Pada bagian kanan atas klik gambar profil anda > YouTube Studio
c.       Pada menu sebelah kiri klik “Monetisasi”
d.       Jika belum mencapai jumlah minimum silahkan klik Beri tahu saya ketika sudah memenuhi persyaratan agar mendapatkan email ketika sudah memenuhi. Jika sudah memenuhi klik “Mulai” di kartu “Tinjau persyaratan Program Partner”
e.       Setelah anda setujui persyaratannya , pihak YouTube  akan memberi tanda “Selesai” berwarna hijau pada kartu “Tinjau Persyaratan Program Partner”

4.       Pastikan Anda memiliki minimal 1 akun AdSense saja
Cara menghubungkan akun AdSense :
a.       Klik “Mulai” pada kartu “Daftar Google AdSense”
b.       Setelah terhubung akun AdSense, akan ada tanda “Selesai” berwarna hijau pada “Daftar ke Google AdSense”

5.       Channel anda ditinjau oleh YouTube
Setelah menyetujui persyaratan YPP serta sudah menghubungkan ke akun AdSense anda, channel otomatis masuk dalam antrian peninjauan. Sistem ini akan otomatis meninjau konten pada channel. Anda juga dapat memeriksa status pengajuan anda kapan saja pada https://studio.youtube.com/channel/UC/monetization.
a.       Jika channel anda di terima di YPP
Setelah itu anda dapat menyiapkan preferensi iklan dan mengaktifkan monetisasi pada video yang telah anda upload.
b.      Jika channel anda ditolak di YPP
Tim peninjau dari YouTube menemukan sebagian besar channel anda tidak memenuhi kebijakan dan pedoman. Anda dapat melakukan pendaftaran ulang dalam waktu 30 hari setelah itu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana cara monetisasi youtube ?"

Post a Comment