Tips Memanfaatkan USB OTG di Android

Dengan adanya USB di PC atau Laptop sangat memudahkan ketika kita mememudahkan dalam penggunaan dan menjadi lebih praktis. Dengan adanya USB kita dapat menambahkan perangkat apapun yang mendukung USB seperti mouse usb, transfer data melaui handphone, flaskdisk, dan hardisk. Namun sayangnya kita tidak bisa menggunakan USB di perangkat handphone. Et situ jika kalian menggunakan handphone jadul. Karena di handphone sekarang sudah memiliki fitur OTG. Fitur ini mendukung handphone kalian bisa mengakses file dari flashdisk atau perangkat USB lainya menggunakan bantuan USB OTG.



USB OTG (On-The-Go) merupakan sebuah perangkat yang memungkinkan pengguna HP untuk membaca sejumlah data dan file dari flashdisk tanpa harus membuka dari laptop atau PC. USB OTG ini berbentuk seperti sambungan atau kabel yang mempunyai dua ujung. Ujung bagian pertama yang tersambung ke HP, dan ujung yang lain dapat disambungkan dengan flashdisk.

Namun sebelum menggunakannya, kalian perlu mengecek terlebih dahulu apakah handphone kalian mendukung penggunaan perangkat ini. Caranya pengecekannyapun beragam mulai dari dengan melihat spesifikasi di dalam box hingga melihat melalui situs perusahaan HP yang kalian gunakan. Kalian bisa memeriksakan apakah handphone yang kalian punyai mendukung fitur OTG ini. Jika kalian ingin lebih cepatnya kalian bisa unduh aplikasi Easy OTG Checker di Playstore. Biasanya HP dengan keluaran terbaru sudah bisa menggunakan perangkat ini. 

Manfaat USB OTG

Selain bisa digunakan untuk connector USB, USB OTG ternyata masih banyak manfaat lain yang bisa kalian gunakan, Berikut beberapa manfaat menggunakan USB OTG di smartphone kalian :

1. Menonton serial atau film melaui HP

Mungkin sebagian dari kalian lebih suka mengunduh serial seperti drama Korea atau serial dari internet untuk ditonton mode offline. Nah kamu dapat memanfaatkan untuk menyimpan serial tersebut di flaskdisk dengan menggunakan USB OTG supaya memori HP kalian tidak penuh. Kalian hanya cukup memindahkan serial atau film ke flaskdisk menggunakan USB OTG. Jika kalian ingin menonton film tersebut, kalian tinggal sambungkan flaskdisk ke HP dengan bantuan alat OTG dan selamat menonton. Dengan cara ini  kalian tidak perlu menyimpan file yang besar di HP. Dengan demikian kalian bisa menonton di mana saja dengan lebih praktis dan hemat penyimpanan.

2. Bermain game di HP dengan menggunakan controller

Tips yang satu ini pasti disukai oleh penggemar game. Kini kalian dapat menyambungkan HP dengan controller melalui USB OTG. Caranya sangat sederhana yaitu dengan menggunakan sistem plug and play. kalian hanya perlu menancapkan controller, kemudian langsung dan rasakan bagaimana serunya bermain mobile Legends dengan memakai controller

3. Mengontrol kamera DSLR

Bagi pecinta dunia fotografi, saat ini kalian sudah tidak perlu lagi mentransfer file ke PC supaya bisa mengunggah foto yang baru saja di jepret ke media sosial. Dengan memanfaatkan USB OTG ini, kamera DSLR bisa langsung tersambung dengan HP Anda.

Bukan hanya itu saja, dengan memakai USB OTG, HP juga bisa diubah menjadi layar langsung untuk kamera. Jadi kalian dapat mengatur fokus, kecepatan rana dan lain sebagainya melalui HP. Tetapi untuk mempraktekkannya, kalian perlu mengunduh aplikasi pengontrol DSLR yang kompatibel dengan kamera.

4. Mencetak berbagai dokumen secara langsung dari HP ke printer

Biasanya jika ingin mencetak file atau foto yang tersimpan di dalam handphone, kita perlu  mentransfer file ke pc atau laptop terlebih dahulu baru kita bisa mencetaknya. Tetapi sekarang terdapat cara lain yang lebih praktis untuk melakukannya. Yaitu dengan menggunakan printer yang dapat disambungkan dengan sistem USB plug and play. Dengan memanfaatkan USB OTG, maka kalian bisa mencetak berbagai dokumen tanpa perlu mentransfer file ke PC atau laptop terlebih dahulu. Sangat praktis sekali bukan!

Demikianlah beberapa tips dalam memanfaatkan USB OTG pada HP Android. Semoga bermanfaat!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Tips Memanfaatkan USB OTG di Android"

Post a Comment